Resort Dumai Balai Besar KSDA Riau Tetap Bertugas Menyelamatkan Satwa Buaya Senyulong

Rabu, 29 April 2020

Pekanbaru, 28 April 2020 - Di Kanal Jl.Pomproy Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan masyarakat menangkap Buaya air tawar atau biasa disebut Buaya Senyulong (Tomistoma schlegelii)  karena sejak kemunculannya masyarakat merasa resah sejak kemunculannya.

Sebelumnya pada tanggal 17 April 2020, Resort Dumai telah mengupayakan dengan menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan tidak beraktifitas disekitar sungai dan membuat serta memasang Spanduk di dekat Buaya dijumpai. Tapi karena keresahan ya, akhirnya masyarakat menangkapnya

Petugas Resort Dumai, didampingi Camat Dumai Selatan, Kapolsek Dumai Barat, Lurah Bukit Timah, Lurah Bumi Ayu, Lurah Bukit Datuk, Babinsa Bukit Datuk, Babinkantibnas Bukit Datuk segera mengamankan satwa dilindungi tersebut ke Kantor Seksi Wilayah IV, Resort Dumai. Kondisi buaya saat ini masih hidup tetapi terdapat luka dan lecet2 sehingga harus mendapat perawatan sebelum dilakukan pelepasliaran atau diserahkan ke lembaga konservasi.

 

Jenis buaya air tawar/Senyulong, dengan panjang 3,90 meter dan berjenis kelamin betina dewasa.

Untuk selanjutnya Balai Besar KSDA Riau akan melakukan survei, monitoring habitat Buaya untuk memetakan kantong-kantong Buaya sekaligus sosialisasi kepada masyarakat tentang satwa dilindungi.

 

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini