Patroli SMART RBM Balai Taman Nasional Batang Gadis

Selasa, 28 April 2020

Mandailing Natal, 28 April 2020. Dimulai dengan Briefing sebelum pelaksaan Patroli, agar kegiatan yang dilaksanakan tetap dijalur rencana.

Tim menggunakan sepeda motor untuk menuju lokasi atau Desa Penyangga, dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam dari Kantor Balai Taman Nasional Batang Gadis dengan melewati jalur tanah. Metode Patroli menggunakan Cybertracker (www.cybertracker.org), yakni dengan mencatat dan mendokumentasikan seluruh temuan atau perjumpaan selama didalam kawasan Taman Nasional, baik perjumpaan Satwa, Tumbuhan, ataupun Aktifitas Manusia menggunakan aplikasi Cybertracker. Cybertracker sudah tidak asing bagi personil Taman Nasional Batang Gadis, aplikasi ini disingkronkan dengan aplikasi SMART RBM (www.smarconservationtools.org) yang sejak tahun 2013 sudah digunakan Taman Nasional Batang Gadis dalam setiap pelaksanaan kegiatan.

CyberTracker yakni, Sofeware/alat pengumpulan data spasial dilapangan yang efisien, mudah, praktis dan berfungsi sebagai data sheet digital yang dibuat sesuai kebutuhan pengambilan data dengan menggunakan Data Model Aplikasi SMART RBM pada android . Kegiatan ini akan terus di implementasikan dilapangan untuk pengelolaan TNBG yang akan lebih maju dan lebih baik pada era revolusi industri 4.0 saat ini

Sumber: Balai Taman Nasional Batang Gadis

 
   

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini