Melaksanakan Patroli Pengamanan Hutan Bersama dengan MMP di Resort 4 Pagar Gunung

Selasa, 28 April 2020

Mandailing Natal, 28 April 2020. Kawasan Taman Nasional Batang Gadis memiliki potensi flora/fauna yang dilindungi yang menjadi prioritas secara nasional. Keberadaan flora/fauna tersebut sudah terancam punah, salah satu faktor penyebabnya adalah terganggunya habitat. Adanya beberapa bagian kawasan terjadi pembukaan lahan, baik oleh perorangan maupun kelompok masyarakat maka perlu dilakukan pendataan kembali dan sekaligus tindakan yang bersifat premtif dan preventif melalui patroli pengamanan hutan secara rutin/terus-menerus sehingga diharapkan menghilangkan niat dari masyarakat yang melakukan tindak pidana kehutanan khususnya perambahan, penebangan hutan/pencurian kayu, pembakaran hutan, perburuan satwa dan pendudukan kawasan di dalam Taman Nasional Batang Gadis. Dalam hal ini Fungsional Polisi Kehutanan (Polhut) Balai Taman Nasional Batang Gadis melaksanakan kegiatan Patroli Bersama MMP Resort 4 Pagar Gunung Kecamatan Kotanopan.

Metode Patroli Bersama MMP yang digunakan sesuai petunjuk teknis dan rencana kerja patroli adalah dengan metode SMART RBM (Spatial Monitoring and Reporting Tool Resort Based Management) yaitu jelajah dengan cara menyelusuri jalur/track patroli yang sudah ada atau sudah pernah di tempuh dan juga dengan merintis atau membuka jalur baru untuk menuju tempat tertentu yang diinginkan dalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis. Serta mengamati dan mencatat potensi kawasan taman nasional berupa pertemuan satwa baik langsung maupun tidak langsung serta tanaman langka yang ada di sekitar jalur patroli. Tim patroli melaksanakan kegiatan Preemtif dan Preventif serta melakukan pengamanan tersangka jika tertangkap tangan.

Tujuan dari kegiatan Patroli untuk mengetahui perkembangan terbaru kondisi di luar maupun di dalam kawasan hutan TN. Batang Gadis dari segala ancaman baik tipihut, kerusakan hutan, konflik satwa, dari Patroli ini juga mendapatkan data hasil Patroli bersama MMP serta mencari data tentang kerusakan kawasan hutan TNBG di sekitar wilayah kawasan hutan TN. Batang Gadis di Desa Pagar Gunung berada di Kecamatan Kotanopan dan mensosialisasikan kepada masyarakat atas hasil pengamanan hutan serta melaksanakan sosialisasi dengan fungsional lainnya atas temuan yang didapat.

Sumber: Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini