Sadar Satwa Dilindungi, Nelayan di Sasarata Serahkan dan Lepasliarkan Penyu Hijau

Selasa, 28 April 2020

Maluku Tengah, 26 April 2020. Tim dari Resort Sasarata, SPTN Wilayah I Wahai, Balai Taman Nasional Manusela melepasliarkan 3 ekor Penyu Hijau (Chelonia mydas) di Muara Sasarata. Tim yang langsung dikoordinir oleh Kepala Resort Sasarata, Cornelis D. Pattikawa, Tim  menerima penyerahan penyu hijau tersebut dari Nelayan yang sadar bahwa satwa tersebut merupakan satwa yang dilindungi sehingga langsung menyerahkan kepada tim dan ikut melepasliarkan penyu-penyu tersebut kembali ke habitatnya.

Sebelum dilepasliarkan, ketiga ekor penyu yang diterima langsung dicek secara fisik.  Hasilnya, tidak terdapat adanya luka dan cacat fisik pada ketiganya sehingga diputuskan untuk langsung dilepasliarkan. Selain pengecekan luka, Tim juga melakukan pengukuran panjang tubuh penyu tersebut, hasilnya masing-masing penyu berukuran panjang tubuh 36 cm, 40 cm, 42 cm.  Pelepasliaran secara langsung juga diputuskan karena penyu baru saja terjaring dan masih sangat liar apabila didekati oleh manusia.

Terima kasih kepada para Nelayan yang begitu sadar akan pentingnya pelestarian satwaliar.  Penghargaan juga disampaikan atas kesigapan Personil Resort Sasarata. Mari kita menjaga dan lindungi sumber daya alam yang ada agar tetap berkelanjutan dan lestari.

Sumber: Balai Taman Nasional Manusela

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini