Di Masa Pandemi Covid-19, Tim Resort Tarupa Gagalkan Rencana Destructive Fishing

Kamis, 23 April 2020

Resort Tarupa - Taman Nasional Taka Bonerate, 23 April 2020. Ditengah pandemi Covid-19, rencana kejahatan terhadap sumber daya alam dan ekosistem berhasil digagalkan oleh Tim Resort Tarupa, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Tarupa, Balai Taman Nasional Taka Bonerate.

Kemarin (22/04) bertepatan dengan hari Bumi, Tim melakukan patroli rutin menyisir wilayah kerja di Resorta Tarupa dan kemudian menemukan pupuk yang disinyalir sebagai bahan bom untuk "destructive fishing". Barang "haram" ini ditemukan sebanyak 7 karung (5 karung berwarna kuning merek Cantik dan 2 karungnya bermerek Matahari yang telah dipindahkan dalam jerigen).

Bahan bom ini ditemukan di daratan Pulau Tarupa Kecil yang disembunyikan dalam lubang pasir kemudian ditutupi dengan semak-semak pada bagian atas.

"Ada 7 karung yang diamankan, 2 karung sudah dipindahkan dalam jerigen karena bahan ini mudah mencair, diperkirakan berat total 350 Kg, yang kemudian ditimbun, dilubang yang berbeda" jelas Agusriadi (Polhut) Kepala Resort Tarupa.

Agusriadi menambahkan bahwa baru kali ini berhasil menemukan di atas pulau, biasanya saat di kapal. Temuan tersebut atas informasi masyarakat dan diperkirakan barang ini dari Pulau Masudu Sulawesi Tenggara.

Saat ditemui, Kepala SPTN Wilayah I Tarupa, Raduan menyatakan bahwa barang bukti saat ini telah diamankan di Resort yang lain, guna melakukan lidik terhadap pemilik dan kemungkinan adanya barang bukti yang ditimbun di tempat lain.

Di tempat terpisah Balai Taman Nasional Taka Bonerate, Faat Rudhianto menyampaikan bahwa pada masa pandemi ini, pelaksanaan tugas di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) dan resort tetap berjalan seperti biasa, normal. Work From Home (WFH) hanya di berlakukan di kantor balai, dengan pertimbangan pulau cukup jauh serta masih aman dari penyebaran Covid-19, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan, serta termasuk pertimbangan keamanan dan gangguan kawasan.

Sumber : Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Teks : Asri - PEH Balai TN Taka Bonerate, Foto : Dok. Resor Tarupa 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini