Sedekah Alam Balai TN Wakatobi

Jumat, 17 April 2020

Bau Bau - Balai Taman Nasional Wakatobi, 17 April 2020. Ditengah mewabahnya Virus Corona yang tengah menghantui Dunia, Indonesia termasuk di Wakatobi, tidak menurunkan semangat para Rimbawan Rimbawati Balai Taman Nasional (TN) Wakatobi untuk terus berada di garda terdepan menjaga kawasan bersama masyarakat disekitar kawasan. Hal ini justru menimbulkan rasa kepedulian dan empati para Rimbawan/Rimbawati untuk berbagi yang diberi nama SEDAKAH ALAM kepada mereka yang membutuhkan akibat dampak ekonomi dari Wabah Covid 19.

Bantuan berupa beras, minyak goreng, Telur ayam, gula pasir, teh, susu, dan mi instan di distribusikan oleh Kepala SPTN Wilayah dan Tim tanggal 14 s.d 15 April 2020 menggunakan kendaraan roda 4 dan menggunakan speed boat. Bantuan bahan pokok ini langsung diterima 150 Kepala Keluarga pada 15 desa disekitar kawasan yang tersebar di 3 pulau yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa dan Tomia Kabupaten Wakatobi.

Sedekah alam bagi Rimbawan Balai TN Wakatobi, sangat filosofis karena kita bekerja menjaga alam, kita hidup dari hasil karenanya, kelebihan dari hasil itu dikembalikan pada sesama di alam (sedekah/ berbagi) sehingga alam tetap terjaga Sedekah alam ini menurut Darman, S.Hut.,M.Sc sejalan dengan prinsip atau pandangan yang selalu disampaikan Oleh Dirjen KSDAE Bapak Ir. Wiratno.M.Sc yang melalui berbagai kesempakan baik melalui rapat kerja maupun pada saat beliau berkunjung ke kawasan “Pengelola Kawasan harus memperhatikan dan melibatkan masyarakat dalam mengeloa kawasan konservasi”. Pesan ini juga sebagaimana tertuang alam arahan beliau melalui 10 Cara Baru Kelola Kawasan Konsevasi di antaranya “Masyarakat sebagai Subyek”.

Melalui pemberian bantuan tersebut pihak Balai TN Wakatobi berharap bahwa masyarakat dapat terbantu untuk pemenuhan kebutuhan pokoknya walaupun bersifat jangka pendek, dan dapat mengetuk hati orang atau pihak lain yang mempunyai kecukupan untuk peduli dan berbagi terhadap sesama. Sedekah Alam = Pedeuli Sesama, Peduli Alam, untuk kehidupan yang berkualitas.

 

 

Sumber : Balai Taman Nasional Wakatobi

Penanggung jawab berita : Kepala Balai Taman Nasional Wakatobi, Ditjen KSDAE Darman, S.Hut.,M.Sc

Informasi Lebih Lanjut : Humas TN Wakatobi Jimi Purnama, S.Pi.,M.Sc 085340678525

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini