Pelajar SMPN Satap Totabuan merasakan Secara Langsung Berinteraksi bersama Alam

Senin, 03 Februari 2020

Totabuan, 01 februari 2020. Tidak banyak yang tau tentang keindahan area camping ground bolonsio. Bolonsio merupakan lokasi camping ground yang berada di Desa Totabuan Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow di bawah pengelolaan Resort Pinogaluman SPTN  Wilayah III Maelang Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, di Bolonsio terdapat areal perkemahan, air terjun dan  juga terdapat jalur pengamatan burung. Jarak dari ibukota Kabupaten Lolak sekitar 10 KM merupakan nilai tambah di samping jarak ke lokasi camping sekitar 2 Km dari jalan raya.
Kegiatan kali ini Kali ini diikuti oleh siswa-siswi SMP Satap Totabuan yang merupakan bagian dari pembelajaran. SMP Satap Totabuan merupakan Sekolah Menengah Pertama yang terletak di Desa Daerah Penyangga Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yakni di Desa Totabuan. Sebanyak 29 orang siswa – siswi yang didampingi  5 orang guru berkumpul di Camping Ground Bolonsio. Sebelum masuk ke jalur pengamatan, siswa di  berikan pengarahan singkat mengenai SOP pengamatan, arahan terkait menjaga  kebersihan  dan lain – lain. Setelah mendengar arahan yang disampaikan lansung oleh Bapak Syahril Abdullah (PEH TNBNW) dilanjutkan  menuju ke lokasi pengamatan. Selain melakukan pengamatan burung siswa dan siswi SMP Totabuan juga melakukan penanaman di sekitar jalur pengamatan, sebanyak 30 pohon nantu berhasil di tanam oleh mereka. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, pengetahuan, keterampilan para pelajar pada usia dini selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan agar siswa/i tidak hanya membayangkan bagaimana berinteraksi lansung dengan alam tetapi dapat merasakan  secara lansung dengan kegiatan ini. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk pengenalan kepada generasi muda yang merupakan asset bangsa untuk peduli kepada lingkungan khususnya hutan konservasi.
Siswa siswi terlihat sangat senang dengan mengikuti kegiatan ini. Setelah pengamatan burung dan menanam pohon  kegiatan dilanjutkan dengan istirahat di bawah  sejuknya pohon dan segarnya aliran air  yang berada di areal air terjun.

Sumber: Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini