Balai KSDA Yogyakarta Lakukan Audiensi Karantina Pertanian dan Angkasa Pura

Senin, 20 Januari 2020

Yogyakarta 17 Januari 2020 - Kepala Balai KSDA Yogyakarta didampingi Kepala Seksi Konservasi Wilayah I beserta staf melakukan Audiensi ke Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta dan PT. Angkasa Pura (16/01/2020). Kegiatan ini untuk mendukung salah satu tugas Balai KSDA Yogyakarta terkait pengawasan peredaran tumbuhan dan satwa liar (TSL) di Yogyakarta.

Dalam kunjungannya ke Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta, Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M.Wahyudi menyampaikan mengenai kendala yang dihadapi petugas lapangan dalam pengawasan peredaran TSL di DIY “Dalam rangka pengawasan peredaran TSL di Yogyakarta ini, selain permasalahan perdagangan satwa secara online, juga ditemukan adanya upaya penyelundupan TSL illegal dari dan ke Yogyakarta. Untuk pengawasan di pintu-pintu keluar masuk antar provinsi, seperti bandara, stasiun dan terminal, sangat diperlukan adanya kerjasama antar pihak. Khusus pengawasan peredaran di bandara, dukungan dari Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta sangat kami perlukan” tutur M. Wahyudi.

Sementara itu koordinasi dengan PT Angkasa Pura lebih diarahkan pada koordinasi terkait pengawasan peredaran TSL di Bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA) dan rencana kegiatan monitoring burung untuk tahap awal pengendalian Birdstrike  di bandara. “Permasalahan Birdstrike yang terjadi di kawasan Bandara Adisucipto perlu mendapat perhatian Bersama. Sebagai langkah awal kami akan melakukan monitoring jenis burung dan selanjutnya akan dilakukan langkah penyelesaian secara tepat” jelas M. Wahyudi.

Menanggapai audiensi yang dilakukan Balai KSDA Yogyakarta, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta menyampaikan dukungannya dalam pengawasan dan sosialisasi TSL di Yogyakarta yang salah satunya dengan optimalisasi sistem aplikasi pelayanan bersama, yang sudah di buat oleh Balai Karantina Pertanian.

Hal senada juga diungkapkan General Manager PT Angkasa Pura yang akan mendukung kinerja Balai KSDA Yogyakarta dalam pengawasan peredaran TSL di Bandara baru YIA serta percepatan upaya monitoring burung untuk mengatasi kendala Birdstrike di bandara Adisucipto Yogyakarta.

 

Sumber : Dyahning R (PEH) - Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini