Pembahasan UKL-UPL permohonan IUPSWA di zona pemanfaatan TNBB.

Jumat, 20 Desember 2019

Gilimanuk, 19 Desember 2019. Dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL), merupakan salah satu syarat dalam pemenuhan komitmen bagi pemohon IUPSWA, begitu juga bagi PT. Bali Alam Segar yang mengajukan permohonan IUPSWA di zona pemanfaatan TNBB di Sumbersari, Kabupaten Jembrana. Acara sidang/pembahasan dokumen UKL UPL diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana di Aula TN Bali Barat.

PT. Bali Alam Segar merupakan salah satu perusahaan yang mengajukan Izin Usaha Penyediaan Sarana Wisata Alam (IUPSWA) seluas 30 ha di zona pemanfaatan Taman Nasional Bali Barat.

Pembahasan ini dihadiri oleh instansi terkait antara lain Dinas kehutanan Provinsi, dinas lingkup kabupaten Jembrana (dinas LH, dinas pariwisata, Bappeda), Camat Melaya, dan perwakilan tokoh masyarakat desa penyangga sekitar area permohonan dan dari Balai TNBB. Pemaparan materi dilakukan oleh perwakilan PT BAS  membahas tentang isi dari dokumen UKL-UPL PT. Bali Alam Segar mulai dari latar belakang hingga kesimpulan dan saran agar rencana usaha dan kegiatan dari PT. Bali Alam Segar memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sekitar.

Setelah pemaparan, dilaksanakan diskusi yang membahas tentang kemungkinan-kemungkinan permasalahan yang terjadi dan menentukan langkah pencegahan (mitigasi) serta upaya-upaya lain terhadap pengelolaan lingkungan.

Dengan pembahasan UKL UPL terkait rencana adanya penyediaan sarana wisata alam oleh PT. Bali Alam Segar diharapkan masyarakat mengetahui bahwa telah ada upaya terhadap pengelolaan lingkungan dan masyarakat sekitar terlibat aktif dalam kegiatan pariwisata berkelanjutan sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.  Dalam pembahasan,. Masih diperlukan perbaikan terhadap dokumen hasil masukan para pihak sebelum diterbitkan izin lingkungan oleh pemerintah Kabupaten Jembrana.

Selain itu, PT. Bali Alam Segar dan masyarakat sekitar diwajibkan untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan sekitar kawasan usaha dan aktif dalam kegiatan konservasi di kawasan Taman Nasional Bali Barat.

Salam lestari.

Sumber: Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini