Manggala Agni Brigdalkarhut Balai Besar TaNa Bentarum Raih Juara Pertama Teknologi Tepat Guna

Senin, 16 Desember 2019

Nanga Tepuai, 15 Desember 2019. Kegiatan Festival Pekan Raya Bumi Kasturi ke V dan Gelar Teknologi Tepat Guna Ke I Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2019 yang dilaksanakan mulai tanggal 9 s/d 14 Desember 2019 di Kecamatan Hulu Gurung resmi ditutup oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu H. Sarbani, S.E, M.A.P. Dalam Festival tersebut, Manggala Agni Brigdalkarhut Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) memperoleh Juara Pertama kategori Inovasi Teknologi Tepat Guna.

Tim Manggala Agni menampilkan inovasi Alat Pembuat Cuka Kayu dan Alat Pengolah Limbah Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM). Menurut Ade Arief selaku Kepala Brigdalkarhut, Cuka Kayu merupakan asap cair yang terbentuk dari proses detilasi asap sisa pembuatan arang. Cuka kayu menjadi salah satu solusi dalam upaya pembukaan lahan tanpa bakar (PLTB). Sedangkan untuk Alat Pengolah Limbah Sampah Plastik Menjadi BBM berfungsi sebagai salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan pencemaran lingkungan yang diakibatkan sampah terutama plastik. Kedua alat yang dikembangkan tersebut mempunyai fungsi dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang dilakukan oleh Manggala Agni Brigdalkarhut Balai Besar TaNa Bentarum.

Atas prestasi tersebut, Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah III Lanjak Gunawan Budi Hartono, S.Hut, M.Si mengucapkan syukur dan meminta kepada Manggala Agni untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam upaya Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan. Selain itu, teknologi tepat guna ini perlu terus dikembangkan karena merupakan cara ampuh untuk mewujudkan Kampung Proklim serta mewujudkan kemandirian masyarakat desa.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini