Balai TN Kayan Mentarang Ajak Masyarakat Adat Evaluasi Zonasi

Senin, 16 Desember 2019

Mansalong, 13 Desember 2019 – Balai Taman Nasional Kayan Mentarang melaksanakan Pengumpulan Data dan Analisa sehubungan dengan Evaluasi Zonasi Kawasan Taman Nasional Kayan Mentarang bersama masyarakat adat di wilayah Resort Tau Lumbis. Sebelumnya, kegiatan serupa juga telah dilakukan yakni di Wilayah Adat Besar Apo Kayan dan Bahau Hulu. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi zonasi yang telah ditetapkan sebagai bentuk adaptasi atas perkembangan dan perubahan kondisi kawasan akibat adanya program pioritas dan strategis pemerintah serta proyeksi perkembangan kawasan kedepan.

 

Bertempat di Aula Kecamatan Lumbis Hulu, kegiatan ini dihadiri sebanyak 30 orang yang berasal dari Kecamatan Lumbis Hulu, Kecamatan Lumbis, Kepala Adat Besar Lumbis Hulu, Kepala Adat Dayak Okolod (Koordinator FoMMA Wilayah Lumbis Hulu), Kepala Desa dan Kepala Adat di Wilayah Lumbis Hulu. “Keterlibatan masyarakat adat dalam review zonasi menjadi sangat penting untuk mengetahui sejauh mana zonasi yang ada telah mampu mengatur pengelolaan kawasan dan mengakomodir kebutuhan masyarakat adat setempat sesuai dengan kondisi lokal dan karakteristik khas kawasan’’ ujar Johnny Lagawurin Kepala Balai TN. Kayan Mentarang yang kala itu turun langsung bertatap muka dengan masyarakat adat serta stakeholder terkait.

Banyak informasi dan masukan yang diberikan oleh masyarakat adat dalam pertemuan tersebut. Salah satu diantaranya adalah terkait pemekaran wilayah Kecamatan Lumbis Hulu. Masyarakat yang saat ini berada di luar kawasan kemungkinan besar akan kembali ke wilayah desa yang telah lama ditinggalkan dalam kawasan TN. Kayan Mentarang. Pemekaran wilayah ini berdampak pada konsentrasi masyarakat sehingga perlu dilakukan perubahan zonasi.

 

Melalui evaluasi zonasi, diharapkan adanya pemahaman dan pegangan bersama untuk mencoba mengakomodir konsep, persepsi dan juga kepentingan para stakeholders terutama masyarakat adat sekitar kawasan untuk saling berbagi peran, berbagi tanggungjawab dan berbagi manfaat dalam tata kelola kawasan TN. Kayan Mentarang guna mendukung pencapaian tujuan pengelolaan dan menunjang penghidupan masyarakat maupun kepentingan strategis nasional.

 

Sumber : Balai TN Kayan Mentarang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini