Membangun Sinergi Mensejahterakan Ekosistem TN Bogani Nani Wartabone

Rabu, 04 Desember 2019

Lolak, 2 Desember 2019. Bertempat di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow, Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (BTNBNW) dan Dinas Perkebunan Kabupaten Bolaang Mongondow yang didukung EPASS Bogani Nani Wartabone menyelenggarakan kegiatan pertemuan untuk meningkatkan sinergi dalam membangun kesejahteraan ekosistem TNBNW.  Sekda Bolaang Mongondow, yang diwakili oleh Kepala Dinas Perkebunan, membuka langsung kegiatan bersama Kepala Balai TNBNW, Manajer Unit EPASS BNW. Pertemuan diahadiri 44 peserta dari bererapa Kepala SKPD Kab. Bolaang Mongondow, 7 Camat, 13 Kepala Desa dan 13 Kelompok Tani Hutan sekitar TNBNW.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari koordinasi Balai TNBNW dengan Setda Bolaang Mongondow terkait konsep pemulihan ekosistem kolaboratif  yang telah diterapkan di TNBNW. Pihak Setda Bolaang Mongondow melalui Dinas Perkebunan akan mendukung upaya pemulihan ekosistem kolaboratif (PEK) masyarakat. “Upaya pemulihan ekosistem Taman Nasional Bogani Nani Wartabone harus torang dukung bersama demi kehidupan masyarakat Bolaang Mogondow,” tegasnya. “ Penghargaan setinggi tingginya kepada pihak pengelola TNBNW dan EPASS yang telah bekerja keras membantu membangun Bolaang Mongondow. Jaman dulu akses kelola terhadap kawasan tertutup, dan sekarang justru melibatkan masyarakat sebagai pelaksana program. Hal ini patut kita dukung dan akan terus berkoordinasi untuk kedepan yang lebih baik, “ tambah Kepala Dinas Perkebunan.

Pemulihan ekosistem kolaboratif masyarakat merupakan salah satu bentuk penyelesaian masalah keterlanjuran pemanfaatan lahan oleh masyarakat dalam kawasan TNBNW. “ Ini adalah sebuah win-win solution untuk saat ini di TNBNW.” Kata Kepala Balai menyambung pernyataan Sekda Bolaang Mongondow.  “ Selain masyarakat memperoleh manfaat ekonomi dari komposisi tanaman yang ditanam, kondisi ekologi dan ekosistem akan perlahan diperbaiki. Selian itu PEK juga akan dilaksanakan di wilayah-wilayah tangkapan air guna mendukung sektor lain terkait kebutuhan air, “ tambah Kepala Balai.

Dalam rangka menerapkan program PEK, Balai TNBNW mendapat dukungan EPASS Bogani Nani Wartabone (EPASS BNW) untuk meningkatkan ekonomi kelompok tani  pelaksana PEK. Tercatat sudah ada 10 kelompok yang sudah ber PKS dengan BTNBNW mendapat dana hibah EPASS untuk pengembangan usaha ekonomi alternative. Dari faislitasi tersebut sebagaian kelompok sudah ada yang memproduksi produk seperti gula semut, madu hutan dan makanan ringan serta souvernir.

Pada sela-sela pertemuan, Kepala Balai memberikan 2 buah buku kepada Sekda Bolmong yaitu Buku Menjaga Rumah Kita Bersama dan Buku Prosedur Kerja Pemulihan Ekosistem Kolaboratif.

Menjaga rumah dengan mengikuti prosedur kerja untuk kesejahteraan ekosistem TNBNW dan masyarakat sekitarnya.

Sumber : Aris Setyawan - Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini