8 Simbol Spirit Konservasi di TN Taka Bonerate

Selasa, 03 Desember 2019

Kepulauan Selayar, 03 Desember 2019. Pertemuan Fungsional PEH, Polhut dan Penyuluh yang dilaksanakan sebulan lalu (07/11) di Hotel Peninsula - Jakarta menyisakan kenangan tersendiri bagi staf kami Saleh Rahman (Koordinator PEH).
Pasalnya kegiatan ini dihadiri langsung Pak Dirjen Ir. Wiratno, M.Sc yang memberikan wejangan-wejangan, semangat dan arahan kepada peserta yang hadir. Menurut cerita yang kami dengar dari Saleh Rahman, Pak Dirjen saat itu mengatakan terkait "extended family", selalu menjaga keharmonisan dan hubungan baik dengan keluarga besar kita dalam konservasi, yaitu sesama rekan ASN baik di internal UPT maupun antar UPT, para mitra, dan juga masyarakat kita (lingkup KSDAE) adalah saudara, dan orang tua kita adalah bapak Dirjen KSDAE.

Disela materi yang disampaikan, Pak Dirjen tak jarang melakukan selingan dengan pertanyaan, candaan, pun guyonan seputar pribadi, keluarga, suka duka bertugas, dll.
Secara acak beliau menunjuk beberapa peserta, menanyainya dan tak lupa memberi hadiah kepada mereka. Secara tak langsung dengan memberi hadiah sama halnya dengan memberikan semangat dan energi besar bagi peserta. Dan Saleh Rahman termasuk peserta yang beruntung karena dipilih dan bisa berinteraksi langsung dengan Pak Dirjen.

Pertanyaan dan guyonan hingga hadiah senilai Rp 100.000,- tentu saja membuat para peserta terpilih merasa senang dan bahagia.
"Kalau ditanya perasaan saya saat itu sudah pasti saya sangat senang, bahagia serta bangga bisa bersua langsung dengan "AYAH KONSERVASI" Pak Wiratno " kenang Saleh Rahman.

"Kami berjanji dengan nilai uang sebesar Rp. 100.000,- akan kami coba lipatgandakan manfaatnya dan bisa dirasakan sepanjang waktu oleh makhluk ciptaan tuhan (manusia, satwa, tanah, air dst). Kami akan gunakan uang tersebut untuk membeli bibit cemara laut (Casuarina equisetifolia) kemudian menanamnya di pelosok kepulauan dalam Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate yang terbagi ke dalam 8 resort yaitu : 1). P. Tinabo Besar, 2). P. Rajuni Laut, 3). P. Rajuni Desa, 4). P. Latondu, 5). P. Tarupa, 6). P. Jinato, 7). P. Pasitallu Tengah dan 8). P. Pasitallu Timur." Tambahnya.

Anakan pohon cemara laut telah ditanam oleh semua petugas dengan penanda papan nama yang diseragamkan “DIRJEN KSDAE” di resort masing-masing.

Setiap mengunjungi pos jaga dan mendapati pohon tersebut seakan mengingatkan kepada sosok Pak Dirjen yang akan terus memberi semangat dan energi besar. Cita-cita dan tekad kami untuk terus menghijaukan pulau-pulau kecil dengan harapan dapat menghasilkan air tanah yang tawar dan bermanfaat untuk kehidupan di Negeri Atol kami ni. Dengan melihat papan nama tsb, kami tersadar bahwa “kami tidak sendiri, ada orang tua (Dirjen KSDAE) yang selalu bersama kami”.

Semoga Pak Dirjen selalu diberi kesehatan, terus menjadi orang tua kami yang mengajarkan kerja keras dan kesungguhan dalam pengabdian konservasi, Amiin.

Terimalah salam hormat dan sapaan kami dari kepulauan TN. Taka Bonerate dan menjadi simbol semangat konservasi di TN Taka Bonerate.

Salam Konservasi, Hu, Ha!!!, Hu, Ha!!!

Sumber : Asri - PEH Penyelia Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini