Review Kegiatan Pemulihan Ekosistem di TN Matalawa

Selasa, 03 Desember 2019

Taman Mas, 29 November 2019. Kegiatan Pemulihan Ekosistem (PE) di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) sudah berjalan lebih dari 1 tahun. Sebagian blok sudah melakukan pemeliharaan tanaman, namun sebagian lagi masih melakukan persiapan tanam sambil menunggu musim hujan tiba.

Pada kesempatan kali ini, Balai TN Matalawa mengundang seluruh pengawas dan kelompok kerja (pokja) yang bekerja di program PE pada masing-masing blok untuk melaporkan hasil kegiatan yang selama ini telah dilakukan. Hal ini juga dilakukan untuk berbagi pengalaman dari  kelompok yang telah melakukan penanaman kepada kelompok yang masih dalam tahap persiapan. Selain itu, anggota kelompok juga diberikan peningkatan kapasitas terkait peningkatan usaha ekonomi produktif dari Rahmat Adinata yang merupakan koordinator Ikatan Petani Pengendali Hama Terpadu Indonesia (IPPHTI) dan Andi Arya Fajar, field manager program restorasi JICS.

Kepala Balai TN Matalawa, Ir. Memen Suparman, M.M, yang hadir pada acara ini mendengarkan secara seksama penjelasan dari para pengawas dan kelompok kerja pada masing-masing blok. Kepala Balai mengungkapkan bahwa musim hujan yang sebentar lagi tiba agar dijadikan momentum kepada masing-masing kelompok utnuk melakukan penanaman. Setelah melakukan penanaman, masyarakat agar tetap siaga terhadap gangguan ternak serta kebakaran apabila telah masuk musim kemarau nanti. Penjgaan dari masyarakat sangat diperlukan demi pertumbuhan optimal tanaman sehingga pada akhirnya masyarakat dapat merasakan manfaat keberadaan hutan hasil program PE.

Sumber: Balai TN Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini