Lama Tak Terlihat, Penguasa Grass Land Long Tua Muncul Dengan 15 Individu

Selasa, 05 November 2019

Malinau, 4 November 2019 – Sebagai salah satu dari 25 satwa prioritas yang dilindungi, Banteng menjadi satwa yang paling diperhatikan dalam perlindungan satwa di Taman Nasional Kayan Mentarang. Mamalia besar ini dapat ditemukan di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Long Alango. Berbagai upaya konservasi pun dilakukan untuk meningkatkan populasi Banteng Kalimantan ini, salah satunya melalui pembinaan habitat di Padang Rumput Long Tua di Desa Apau Ping. Lokasi ini merupakan habitat Banteng di TN Kayan Mentarang sebagai sumber pakan atau Grazing area seluas 188,1 Hektar yang terbagi menjadi 7 Blok (A s/d G).

Sepanjang 2019, dilakukan kajian Efektivitas Pembinaan Habitat terhadap Frekuensi Kehadiran Banteng di Padang Rumput Long Tua oleh Tim SPTN II berkolaborasi dengan tim unit monitoring banteng dari kelompok masyarakat Dema Mading Desa Apau Ping. Perbandingan dilakukan dengan melakukan aktifitas monitoring populasi Banteng sebelum pembinaan dan sesudah pembinaan habitat.

Sebelum pembinaan habitat, tercatat hasil monitoring kehadiran Banteng paling banyak 1 individu melalui perjumpaan langsung dari dua kali monitoring, dan setelah pembinaan habitat, tercatat kehadiran Banteng meningkat menjadi 15 individu yang dijumpai pada 3 Blok yakni Blok G jantan dewasa 2 ekor dan betina dewasa 4 ekor. Pada blok F terdapat 1 ekor betina dewasa. Dan di Blok D jantan 2 ekor serta betina 6 ekor. Keseluruhannya terdokumentasi cukup detail melalui metode pengamatan langsung maupun kamera trap.

Kelayakan padang penggembalaan menjadi salah satu kunci dalam upaya konservasi Banteng, perlu kerjasama antar pihak, khususnya antara Balai Taman Nasional Kayan Mentarang dengan masyarakat setempat guna meningkatkan efektivitas pengelolaan habitat banteng. sehingga dapat tercipta habitat ideal dengan daya dukung pakan yang layak bagi Banteng agar target peningkatan populasi banteng dapat tercapai.

Sumber : Tim Monitoring Banteng SPTN II Long Alango

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini