Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Balai Taman Nasional Kepulauan Togean dengan Kelompok Desa Kemitraan Konservasi

Senin, 04 November 2019

Ampana, 4 November 2019. Kemitraan antara Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) dengan masyarakat desa di Kepulauan Togean selalu dilakukan setiap tahunnya. Hal tersebut merupakan paradigma baru dalam pengelolaan kawasan konservasi.

BTNKT bersama 6 Kelompok Desa Kemitraan Konservasi telah melakukan penandatangan perjanjian kerjasama di ruang aula BTNKT. Kegiatan penandatanganan dibuka secara resmi oleh Kepala Balai TNKT, Ir. Bustang dan dihadiri oleh lebih dari 20 orang undangan diantaranya Kepala BP4D Tojo Una una, wakil polres Tojo Una-Una, Perwakilan Dinas Perindag Tojo Una-Una, Camat Batudaka, Camat Una una, Camat Walea Kepulauan, Camat Walea Besar, SekCam Togean serta 6 ketua kelompok Kemitraan dan bedaharanya. Enam kelompok desa kemitraan konservasi terdiri dari Kelompok Langit Biru Desa Kulingkinari, Budidaya Karamba Desa Kolongian, Sikatonang Desa Pulau Enam, Sukamaju Desa Lebiti, Sambaaraya Desa Tutung, dan Budidaya Ikan Desa Tingki. Penandatanganan dilakukan langsung oleh ketua kelompok dengan Kepala Balai TNKT.

Adapun Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang telah dilaksanakan adalah tentang pemberian akses pemanfaataan sumberdaya perairan kepada zona tradisional TNKT. Terkait dengan hal tersebut Ir. Bustang selaku Kepala Balai TNKT dalam sambutannya mengungkapkan “Kemitraan konservasi merupakan jembatan bagi masyarakat yang berada di kepulauan untuk ikut serta memanfaatkan zona tradisional yang ada di TNKT baik di laut maupun di darat. Masyarakat diharapkan tidak lagi bergantung pada aktifitas kegiatan yang dapat merusak ekosistem yang ada di kawasan TNKT seperti illegal fishing. Dengan adanya kegiatan kemitraan ini masyarakat diharapkan untuk ikut serta dalam menjaga ekosistem di Kepulauan Togean. BTNKT juga berharap adanya sinergitas kerja sama antara pihak-pihak dalam penandatanganan perjanjian untuk meningkatkan keberhasilan pemberdayaaan ini. Selanjutnya BTNKT akan membantu masyarakat untuk branding produk-produk kelompoknya. Hal tersebut merupakan wujud komitmen dari TNKT yang sudah menjadi bagian dari Cagar Biosfer Tojo Una una sejak tangal 19 Juni 2019 untuk pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat.”

Diakhir sambutannya Kepala Balai TNKT menyampaikan agar kelompok masyarakat dapat menyusun laporan kemajuan kelompok sebagai tindak lanjut dari kemitraan ini. Disamping itu diharapkan pula Kepala Desa agar dapat bersama-sama melakukan pemantauan kemajuan kelompok.

Sumber : Khoirum Min Alfiyani – Calon PEH Balai Taman Nasional Kepuluan Togean

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini