Peningkatan Kapasitas Petugas, untuk Memahami Tujuan Efektivitas Pengelolaan.

Minggu, 03 November 2019

Gilimanuk, 1 November 2019. Peningkatan kapasitas petugas lapangan dalam rangka memenuhi kebutuhan data dan informasi ditingkat lapang rutin dilaksanakan tiap tahunnya di Taman Nasional Bali Barat. Salah satunya dengan melaksanakan in house training  dalam penggunaan alat dan aplikasi e-remote TNBB.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 29-30 oktober 2019, pada hari pertama tanggal 29 oktober 2019 kegiatan dibuka oleh Kepala Balai TN. Bali Barah Drh. Agus Ngurah Krisna K., M.Si, dilanjutkan dengan materi tentang penggunaan aplikasi e-remote TNBB oleh narasumber yang merupakan vendor aplikasi.

Aplikasi  e-remote TNBB  berfungsi membangun komitmen/perilaku seluruh personel terhadap data agar laporan terdokumentasikan dan pengumpulannya berjenjang dan membantu dalam rangka pengambilan kebijakan pengelolaan.

Aplikasi dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan, kesesuaian dengan kompetensi pelaksana dan kesesuaian dengan kondisi dukungan yang ada, seperti kestabilan akses internet agar dapat diakses sistem Android ataupun lainnya.

Pada acara ini dilakukan diskusi untuk pengembangan aplikasi e-remote tnbb, cara penginputan data, serta bagian- bagian aplikasi yang belum dipahami oleh petugas di lapangan kemudian dilanjutkan dengan sharing pendapat, tanggapan, dan saran atas  aplikasi yang sudah mulai dijalankan pada awal tahun ini. Saat ini terdapat 7 register pengambilan data pada aplikasi e-remote TNBB.

Diharapkan dengan bertambahnya pengetahuan tentang kawasan, petugas bisa lebih mudah memahami potensi/masalah kawasan sehingga dapat menentukan keputusan yang efektif  dalam penyimpanan data  dan membantu memetakan wilayah dalam berbagai informasi yang tersedia. Salam lestari.

Sumber: Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini