Peringatan 1 Tahun Penanaman Karang di Desa Loe TN Kepulauan Togean

Rabu, 30 Oktober 2019

Ampana, 30 Oktober 2019. Satu tahun yang lalu, tanggal 29 Oktober 2018, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) III Popolii Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT) melaksanakan kegiatan penanaman bibit dan transplantasi karang di wilayah Desa Loe. Kegiatan ini mendapat antusias dari para masyarakat Desa Loe karena kegiatan ini baru pertama kali dilakukan di Desa mereka dan mereka sangat mendukung kegiatan ini. Untuk mengingat sejarah penanaman karang di wilayah Desa Loe maka para masyarakat mencetuskan setiap tanggal 29 Oktober diperingati sebagai hari penanaman karang di Desa Loe. Hal ini mereka lakukan agar para warga Desa Loe khususnya generasi muda bisa menumbuhkan rasa cinta untuk mejaga dan melestrikan alam khususnya laut.

Tepat pada hari Selasa Tanggal 29 Oktober 2019 Masyarakat Desa Loe mengundang pihak Balai TN Kepulauan Togean dan beberapa desa setempat untuk memperingati 1 tahun penanaman karang di Desa Loe. Rangkaian acara kegiatan ini berupa penanaman karang dengan media berupa rotan hasil dari kreasi warga Desa Loe yang diikuti sebanyak 25 orang. Bapak Irman Hi. Buloe selaku tokoh masyarakat dan pencetus hari penanaman karang mengungkapkan bahwa mereka sangat berterima kasih kepada Balai TNKT dengan adanya penanaman karang di Desa mereka. Ini dibuktikan dengan karang-karang yang telah ditanam tumbuh dengan cepat dan sangat indah sehingga banyak masyarakat Desa Loe melihat secara langsung jumlah ikan di Desa mereka sudah semakin banyak dan ini semakin meyakinkan mereka bahwa sangat penting sekali menjaga terumbu karang karena merupakan rumah bagi para ikan.

Sebagai bentuk aspirasi untuk masyarakat Desa Loe pihak Balai TNKT menyerahkan berupa piagam penghargaan yang ditandatangani oleh Kepala Balai TNKT atas penetapan peringatan hari penanaman karang di Desa Loe yang jatuh setiap tanggal 29 Oktober. Piagam penghargaan langsung diserahkan oleh Kepala SPTN III Popolii kepada Sekretaris Desa Loe yang disaksikan Langsung oleh masyarakat Desa Loe dan Sekretaris Desa Tutung.

Sumber : Adeng Hudaya - Polhut Pertama Balai Taman Nasional Kepulauan Togean

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini