Mandailing Coffee Fest di Festival Desa Penyangga TN Batang Gadis

Selasa, 29 Oktober 2019

Panyabungan, 29 Oktober 2019. Mandailing Coffee Fest adalah festival kopi yang digagasi oleh Balai Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) untuk menunjukkan apresiasi dan kecintaan kita terhadap Kopi Mandailing. Kopi dihasilkan dan ditanam oleh petani di desa desa penyangga TNBG. Tahun ini merupakan pertama kalinya mengadakan Mandailing Coffee Fest dan akan ada setiap tahunnya. Rangkaian lomba antara lain yaitu grading (sortir) kopi, lomba brewing, cupping fun coffee, dan lomba cita rasa kopi.

Kopi sendiri merupakan salah satu pemberdayaan masyarakat oleh TNBG untuk para petani kopi agar hasil kopi masyarakat desa penyangga TNBG kualitasnya semakin baik. Green House Kopi, Mesin Huller kopi dan Bibit Kopi beberapa bantuan yang diberikan TNBG kepada masyarakat desa penyangga. Mandailing Coffe Fest ini juga sebagai wadah lomba bagi para petani kopi untuk ikut berpartisipasi menunjukkan kualitas kopi pada setiap desa penyangga. Masyarakat sangat antusias mengikuti lomba ini. Petani kopi, pegiat kopi , barista dari beberapa cafe di Panyabungan ikut partisipasi dalam lomba lomba ini.

Kepala Balai TNBG menyampaikan “Mandailing Coffe Fest ini merupakan kompetisi dan apresiasi kita kepada kopi mandailing dan petani kopi, kita ketahui kopi mandailing merupakan salah satu kopi terbaik di Indonesia, dan petaninya juga harus sejahtera, TNBG hadir di masyarakat untuk terus melaksanakan pemberdayaan masyarakat sehingga kopi yang ditanam kualitasnya semakin baik dan meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga hutan semakin terjaga sesuai dengan jargon KLHK Hutan lestari masyarakat sejahtera”.

Sumber : Balai Taman Nasional Batang Gadis 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini