Temukan Elang Dalam Kondisi Lemas, Mahasiswa Sanata Dharma Segera Menyerahkannya ke Balai KSDA Yogyakarta

Senin, 21 Oktober 2019

Yogyakarta 19 Oktober 2019. Mahasiswa Sanata Dharma yang tergabung dalam kelompok Relawan Grigak, Girikarto, Panggang, Gunungkidul menyerahkan Elang Ular Bido (Spilornis cheela) kepada petugas Balai KSDA Yogyakarta (14/10/19).

Elang tersebut ditemukan Relawan Grigak saat sedang melaksanakan kegiatan pembersihan lahan untuk pembuatan Prasasti wisata Religi Katolik. Burung ditemukan di kolam ikan warga setempat dalam kondisi lemas tidak bisa terbang Hari Sabtu (12/10/19).

Sebagai pertolongan pertama, Elang dirawat kelompok Grigak di Pusat Studi Lingkungan Sanata Dharma. Selanjutnya dengan didampingi Rian yang merupakan salah satu penangkar Burung dari Andhini Rejeki, para mahasiswa Sanata Dharma menyerahkan Elang Ular Bido yang masih dalam kondisi lemas tersebut kepada petugas Balai KSDA Yogyakarta, Tri Hardono.

Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi segera memerintahkan stafnya untuk menindaklanjuti penyerahan satwa tersebut dan segera melakukan tindakan lebih lanjut. “Elang ini merupakan salah satu jenis satwa yang digunakan sebagai indikator kualitas lingkungan. Posisinya sebagai top predator mampu mengendalikan populasi mangsanya. Rekan-rekan saya minta segera melakukan tindakan perawatan terhadap elang yang ditemukan oleh adik-adik mahasiswa Sanata Dharma ini. Stasiun Flora Fauna Bunder menjadi tempat yang tepat untuk pemulihan kondisi elang ini.” jelas M. Wahyudi.

Sumber : Dyahning - PEH Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini