Petugas Balai KSDA Yogyakarta Respon Keresahan Masyarakat Yang Warganya Memelihara Ular Phyton

Senin, 21 Oktober 2019

Yogyakarta 19 Oktober 2019, Petugas Balai KSDA Yogyakarta berhasil menenangkan masyarakat Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul yang resah karena adanya salah satu warga mereka yang memelihara ular jenis Sanca Kembang (Phyton Reticulatus).

Warga sekitar yang merasa terganggu dengan keberadaan ular tersebut, segera menghubung petugas Balai KSDA Yogyakarta dan menginformasikan mengenai kepemilikan ular tersebut. Laporan masyarakat segera ditindaklanjuti oleh personil Balai KSDA Yogyakarta yang terdiri atas Bagian Perlindungan, Kepala Unit SKW II dan Dokter hewan yang segera melakukan cek lokasi pada hari Jumat (11/10/19).

Dari hasil identifikasi diperoleh keterangan satwa yang dimaksudkan adalah jenis Ular Sanca Kembang dengan panjang 3,75 m. Jenis ular tersebut belum dilindungi undang-undang. Meskipun demikian, ular yang diketahui ditangkap di sekitar pemukiman penduduk sekitar 1 bulan yang lalu telah menimbulkan keresahan masyarakat sekitar. Setelah dilakukan pendekatan kepada masyarakat yang memeliharanya, satwa tersebut akhirnya diserahkan kepada petugas Balai KSDA Yogyakarta yang selanjutnya dievakuasi ke Stasiun Flora Fauna Bunder untuk dilepasliarkan ke alam.

Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi mengapresiasi kinerja jajarannya. “Respon yang diberikan petugas Balai KSDA Yogyakarta menunjukkan kepedulian petugas terhadap masyarakat. Petugas mampu menerjemahkan instruksi pimpinan dengan baik. Dengan melakukan tindakan evakuasi satwa ke SFF Bunder dan melepasliarkannya di alam, teman-teman personil BKSDA Yogyakarta telah melakukan dua tindakan sekaligus. Yang pertama mereka berhasil menenangkan masyarakat yang resah dan disisi lainnya mereka berhasil menyelamatkan satwa dan mengembalikannya ke alam. Ke depan semoga kinerja personil Balai KSDA Yogyakarta ini dapat berjalan dengan lebih baik lagi. Ujar M. Wahyudi.

Sumber : Sujiyono - Polhut Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini