Bekali Masyarakat Gilimanuk, Membuka Peluang Ekowisata.

Senin, 21 Oktober 2019

Gilimanuk, 17 Oktober 2019. Balai Taman Nasional Bali Barat,  menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat yang berada di Gilimanuk,  bertempat di Plataran Bajul Ecolodge PT. Trimbawan Swastama Sejati yang merupakan salah satu Pengusahaan Pariwisata Alam di TN Bali Barat.

Peserta  kegiatan sebanyak 30 orang adalah masyarakat desa penyangga dari Gilimanuk yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kelompok Swadaya Masyarakat GIlimanuk (FKK SMG) binaan Balai TNBB dan Kelurahan Gilimanuk .

Acara ini dibuka oleh Gebyar Andyono,S.Si, M.Si (KSBTU) yang mewakili Kepala Balai TN Bali Barat. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan peningkatan kapasitas kelompok masyarakat ini merupakan wujud nyata TN Bali Barat dalam meningkatkan SDM untuk pengelolaan ekowisata berbasis masyarakat.

Sebagai pemateri yaitu Ali Purwanto, S.Hut,M.Sc. (Kepala SPTN Wilayah I) yang menyampaikan tentang role model ekowisata berbasis masyarakat dan Yusuf Arif Rahman (manager site the Palataran Harmony) dengan materi yang disampaikan tentang Pengelolaan  operator ekowisata Dan Pengemasan pemaketan dan pemasaran ekowisata.

Kegiatan peningkatan kapasitas kelompok masyarakat bertujuan menambah pengetahuan masyarakat khususnya dalam mengelola objek wisata sehingga mampu berperan aktif dalam pengelolaan ekowisata berbasis masyarakat. Selama berlangsung kegiatan terjadi diskusi interaktif antara peserta dengan narasumber. Diskusi tersebut dapat menciptakan peluang bisnis baru sebagai wujud nyata dan implementasi dalam pengelolaan ekowisata.

Sumber: Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini