Pemadaman Karhutla Gabungan Personel Balai TN Bogani Nani Wartabone

Minggu, 15 September 2019

Maelang, 14 September 2019. Memasuki musim kenarau terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di mana - mana yang tidak terelakan lagi. Karhutla sudah menjadi bencana Nasional yang menimpa Indonesia terjadi di berbagai daerah di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi bahkan di Internasional seperti di Negara Amerika , Brazil, Australia dan negara lainnya.

Akibat karhutla menimbulkan efek yang sangat luar biasa dampaknya tidak hanya terhadap kerugian hutan bahkan ekonomi dan kesehatan seperti terjadi di pulau Sumatera dan Kalimantan yang di timbulkan oleh efek asap yang sangat merugikan masyarakat bahkan negara tetangga Indonesia yaitu Singapura dan Malaysia terkena dampaknya.

Tahun ini titik api mengalami peningkatan yang cukup tinggi di bandingkan dengan tahun lalu.  Hampir di setiap resort wilayah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone tidak terkecuali Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Maelang ada peningkatan hotspot / titik api. Lokasi pemadaman hari ini tepatnya di lokasi Dalit dan Kali lemon Desa Bolangat Resort Lolanan, area yang terbakar seluas kurang lebih 100 hektar.

Tim gabungan personil Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang terdiri dari tim Balai, SPTN II Doloduo dan SPTN III Maelang serta di bantu masyarakat berjibaku melakukan pemadaman kebarakan hutan dan lahan. Mereka bahu membahu dalam melakukan pemadaman karhutla menggunakan peralatan manual dan alat semprot mesin jinjing.

Lokasi yang sangat sulit di jangkau serta topografi kemiringan medan yang relatif bertebing dan air yang tidak ada merupakan kendala utama. Di samping lokasi yang sulit kondisi angin dan banyaknya daun serta kayu yang sangat kering juga merupakan unsur yang menyebabkan karhutla sulit untuk di padamkan.

Ibarat tidak ada kata yang sia - sia apapun hasilnya pantang pulang sebelum padam. Selalu bersemangat dalam menjalankan tugas tanpa dengan mengutamakan keselamatan dalam bekerja itulah aifst yang harus di junjung oleh setiap ranger bogani dalam pemadaman.

Sumber : Aris Udi Raharjo - Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini