Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan di TWA Pelaihari

Senin, 09 September 2019

BATAKAN, 2 September 2019 – Seksi Konservasi Wilayah I Pelaihari Balai KSDA Kalimantan Selatan melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan di sekitar kawasan konservasi. Tujuan kegiatan ini untuk menjalin dan meningkatkan kerjasama semua pihak terkait khususnya masyarakat dan aparat desa dalam pengendalian kebakaran hutan di sekitar kawasan konservasi. Sosialisasi pencegahan kebakaran hutan di sekitar kawasan konservasi ini, diketahui oleh Kepala Desa dan di hadiri Kepala Resort Taman Wisata Alam Pelaihari (TWA Pelaihari) Alfredo De Araujo, tokoh masyarakat antara lain Bapak Asan, Bapak Anang Masdar, Mas Jono dan tim pelaksana kegiatan.

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di kediaman salah satu tokoh masyarakat Bapak Asan Desa Batakan Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut. Dalam kegiatan ini, Noer Vana Dwi P menyampaikan TWA adalah kawasan pelestarian alam yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata dan rekreasi. TWA Pelaihari di desa Batakan yang menyuguhkan ekosistem hutan pantai dan panorama alam disekitarnya merupakan salah satu destinasi wisata dan rekreasi di Kabupaten Tanah Laut. Untuk itu, sangat diharapkan kerjasamanya untuk menjaga lingkungan disekitar kita agar tetap asri dan lestari terutama terhindar dari kebakaran hutan dan lahan. Mengingat dampak dari kebakaran hutan dan lahan ini khususnya udara di sekitar TWA Pelaihari dapat mengganggu kenyamanan rekreasi wisatawan berwisata.

2WhatsApp Image 2019-09-06 at 18.25.17 (1)

Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, menurut akademisi ada 3 cara pencegahan kebakaran hutan dan lahan, yaitu:

  1. Melibatkan masyarakat dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan
  2. Penegakan hukum secara tegas
  3. Peningkatan SDM melalui pelatihan-pelatihan terutama pembukaan lahan tanpa bakar (PLTB).

Oleh karenanya, kami mengajak kepada kita semua pihak untuk sama-sama saling mengingatkan agar tidak membuka lahan dengan membakar kepada sanak-saudara, kerabat dan rekan-rekan sekalian yang mungkin pada saat ini berhalangan hadir.

3WhatsApp Image 2019-09-06 at 18.25.18

Sebelum kami akhiri, titipan arahan dari Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Mahrus Aryadi, M.Sc., kegiatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan bersama masyarakat lebih baik daripada memadamkannya, untuk itu perlu komunikasi yang intens para pihak agar kebakaran hutan dan lahan bisa ditekan sedemikian rupa. Hutan merupakan habitat atau tempat hidup satwa dan tumbuhan, pencegahan kebakaran sangat penting untuk menghindari kerusakan habitat tersebut.

Sumber: Noer Vana Dwi Prasetyo (PEH SKW I Pelaihari)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini