Siaga Karhutla,BTN Rawa Aopa Watumohai Gelar Apel Kesiapan Pengendalian Karhutla Bersama Polres Bombana

Jumat, 16 Agustus 2019

Bombana, 15 Agustus 2019. Sebagai salah satu upaya dalam menangani dan menanggulangi KARHUTLA yang terjadi pada musim kemarau Tahun 2019 ini, Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) bekerjasama dengan Kepolisian Resort Bombana menyelenggarakan Apel Kesiapan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA).

Apel siaga KARHUTLA di gelar pada lokasi bekas kebakaran hutan di Blok Laea Resort Langkowala SPTN 2, yang dihadiri oleh Bupati Bombana beserta jajaran, DPRD kab. Bombana, Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Kepolisian Resort Bombana, PABUNG 1314 BUTON, BNPB kab. Bombana, Damkar kab. Bombana, SATPOLPP kab. Bombana, PT. JHON LIN BATU MANDIRI, Pramuka Saka Bhayangkara kab. Bombana, KPA Watumohai, Komunitas motor Kab. Bombana.

Apel dengan tema KESIAPAN PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI WILAYAH HUKUM POLRES BOMBANA bekerjasama dengan TAMAN NASIONAL RAWA AOPA WATUMOHAI bertujuan sebagai latihan gabungan dalam rangka peningkatan kewaspadaan kejadian kebakaran hutan dan lahan, serta mempererat sinergitas antar pihak terkait dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Dengan dipimpin komandan apel Iptu Abd. Kadir dan pembina apel Bupati Kab. Bombana H. Tafdil SE.MM, Apel Siaga ini dilaksanakan untuk memastikan Satgas yang telah dibentuk agar bekerja secara maksimal, sehingga asap dan kebakaran dapat ditangani secara cepat tanggap.

"Asap dari kebakaran hutan yang terjadi merupakan salah satu penyebab tergangunya polusi udara kita, bahkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan, bukan hanya untuk manusia namun keanekaragaman hayati yang ada dalam hutan, untuk itu keberhasilan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, memerlukan kerjasama yang baik melalui sinergisitas pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, dengan tidak melupakan partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat." tutur H.Tafdil SE, MM.

Dalam acara ini, Bupati Bombana beserta kepala Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Kepala DPR kab. Bombana, Kapolres Bombana dan Pabung 1314 Buton juga melakukan pengecekkan personil/gelar pasukan dan alat - alat pemadaman kebakaran. Dari hasil pantauannya, Bupati mengapresiasi kesiapan personil dalam menghadapi KARHUTLA di wilayah kab. Bombana.

Setelah gelar pasukan, rangkaian apel dilanjutkan dengan Simulasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan oleh Personel Polres Bombana, Brigdalkarhut TNRAW dan Damkar Kab. Bombana. Dalam proses simulasi, Bupati Bombana beserta Kepala Balai TNRAW, Kepala DPRD kab. Bombana, Kapolres Bombana dan Pabung 1314 Buton juga ikut terjun langsung kelapangan dan melakukan pemadaman api hingga padam.

Kebakaran hutan dan lahan menimbulkan kerugian negara yang sangat besar, sehingga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional. Bukan itu saja, adanya Karhutla, Indonesia mendapat pandangan negatif di mata dunia, asap yang ditimbulkan dari kejadian itu membawa dampak yang cukup besar terhadap kesehatan masyarakat.

Untuk itu penanganan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan harus dilakukan secara sinergi oleh semua pihak, sesuai Instruksi Presiden Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

Sumber : Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini