Maknai Idul Qurban, TN Bantimurung Bulusaraung Gelar Penyembelihan Sapi Kurban

Kamis, 15 Agustus 2019

Bantimurung, 14 Agustus 2019. Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung tak ketinggalan pada perayaan Hari Raya Qurban 1440 Hijriah. Bantimurung Bulusaraung melakukan penyembelihan pada hari tasyrik ke dua, tepatnya 12 Dzul Hijjah, 13 Agustus 2019. Sedikitnya empat ekor sapi yang berasal dari hewan kurban staf taman nasional.

Pada hari pelaksanaan, keempat sapi tersebut disembelih kemudian dibagikan kepada masyarakat yang bermukim di daerah penyangga taman nasional. Membagikan kepada masyarakat kurang mampu sesuai dengan syariat.

Untuk memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan juga digelar makan konro bersama lingkup Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Konro adalah salah satu makanan tradisional Makassar yang berbahan daging dan tulang sapi. Betapa kebersamaan terpancar dari perayaan hari raya qurban ini. Moga ke depan kebersamaan antar sesama pegawai dan masyarakat desa penyangga terus terjaga.

Merayakan Idul Adha sejatinya mengingatkan kita untuk saling berbagi. Saling mengasihi antar sesama umat manusia. Si kaya mendermakan sebagian hartanya kepada yang kekurangan. Salah satunya dengan menyembelih hewan kurban.

Idul Adha identik dengan hari raya haji. Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Sang Pencipta.

Sumber: Taufiq ismail – PEH Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini