Menteri PPN Resmikan Pusat Batik Warna Alam Meru Betiri

Kamis, 01 Agustus 2019

Jember, 31 Juli 2019. Kepala Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti), Maman Surahman menghadiri acara kunjungan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di Universitas Jember (UNEJ) dalam rangka Expo Produk ICCTF dan peresmian Desa Wonoasri sebagai pusat batik warna alam Meru Betiri. Salah satu produk unggulan yang dihasilkan dari kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam rangka program mitigasi berbasis lahan yang bekerjasama antara TN MerBeti dengan UNEJ yang telah didanai oleh ICCTF yaitu produk batik tulis warna alam (Batik Kehati MerBeti).

Menteri PPN/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro pada sambutannya menyampaikan bahwa di Kabupaten Jember terdapat kawasan hutan yang harus dijaga yaitu TN MerBeti agar keseimbangan lingkungan juga tetap terjaga. Selanjutnya Menteri Bambang meresmikan Desa Wonoasri yang merupakan salah satu desa penyangga kawasan TN MerBeti sebagai pusat batik warna alam dan dilanjutkan dengan berkeliling stand pameran untuk melihat produk-produk yang ditampilkan.

Sejalan dengan diresmikannya Desa Wonoasri sebagai pusat batik warna alam meru betiri, Kabalai TN MerBeti akan lebih fokus lagi dalam meningkatkan kapasitas masyarakat sebagai pengrajin batik sehingga bisa memenuhi permintaan pasar, selain itu  bantuan peralatan dan jaminan pasar akan lebih dikembangkan lagi.

 

Sumber: Balai TN Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini