Kegiatan Gotong Royong Pemeliharaan Jalur Akses Wisata Alam di Destinasi Sungai Koran

Selasa, 30 Juli 2019

Palangka Raya, 29 Juli 2019 - Sungai Sebangau bagian hulu merupakan jalur transportasi kegiatan wisata alam yang masuk ke wilayah kerja Resort Sebangau Hulu SPTN Wilayah I. Dari tahun ke tahun terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang signifikan di Resort Sebangau Hulu, oleh karena itu untuk menjamin kelancaran dan kenyamanan kegiatan wisata alam, terutama dalam hal transportasinya maka perlu dilakukan kegiatan pemeliharaan jalur aksesibilitas. Kondisi sungai yang selalu berubah-ubah mengikuti dinamika alam berupa naik turunnya debit air akibat bergantinya musim dan tumbuhan yang ada di kiri kanan sungai dapat menyebabkan jalur sungai menyempit dan terhalang oleh batang dan akar kayu yang muncul saat musim kemarau sehingga dapat menyebabkan tertutupnya jalur aksesibilitas untuk kegiatan wisata di lokasi ini.   

Pada saat ini kondisi sungai semakin surut dan dangkal sehingga batang dan akar kayu yang berada di tengah dan kiri kanan sungai bermunculan dan menjadi kendala saat klotok atau perahu melintasi sungai serta dapat membahayakan perjalanan pengunjung. Untuk mencegah hal tersebut dan demi kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata alam ini pada tanggal 22 Juli 2019 dan 29 Juli 2019, masyarakat Kelurahan Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya yang tergabung dalam Kelompok Perahu Getek “Maju Mandiri” melakukan kegiatan pemeliharaan jalur aksesibilitas pariwisata yaitu di Sungai Sebangau bagian hulu mulai dari Dermaga Kereng Bangkirai hingga ke Pos Jaga Sungai Koran.

Kegiatan pemeliharaan jalur aksesibilitas pariwisata dilakukan dengan cara membersihkan alur sungai dari semak/belukar, tumbuhan air (rasau), batang dan akar kayu yang berada di tengah dan kiri kanan sungai yang menghalangi dan menghambat jalur transportasi di Sungai Sebangau dengan menggunakan peralatan parang, chainsaw dan perlengkapan lainnya. Selain pembersihan sungai, masyarakat juga rutin melakukan pemeliharaan dan membersihkan sarana dan prasarana wisata yang ada di dalam kawasan TN Sebangau seperti jembatan titian (wooden trail), jalur trekking dan camping ground.

Kegiatan gotong royong pemeliharaan jalur aksesibilitas pariwisata dan sarana prasarana dilaksanakan secara rutin atas inisiatif masyarakat Kereng Bangkirai terutama masyarakat penyedia jasa transportasi wisata yang tergabung dalam Kelompok Perahu Getek “Maju Mandiri” yang merupakan kelompok masyarakat binaan Balai TN Sebangau.

 

Sumber: Tatang Suwardi, S.Hut - Balai TN Sebangau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini