Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Balai TN Sebangau dan Yayasan Borneo Nature Foundation

Senin, 29 Juli 2019

Palangka Raya, 26 Juli 2019 - Bertempat di Aquarius Boutique Hotel, pada hari Jumat telah di tandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Balai Taman Nasional Sebangau (BTNS) dan Yayasan Borneo Nature Foundation (BNF) tentang Penguatan Fungsi dan Konservasi Keanekaragaman Hayati. Penandatangan PKS ini merupakan tindak lanjut persetujuan Dirjen KSDAE atas permohonan PKS antara BTNS dan Yayasan Borneo Nature Indonesia melalui Surat Direktur Jenderal Nomor : S.440/KSDAE/SCT/Kspo-33/6/2019 tanggal 10 Juni 2019.

Dalam sambutannya Ketua Yayasan Borneo Nature Foundation Bapak Juliarta Otae menyampaikan bahwa PKS ini merupakan langkah nyata kerjasama TNS dengan BNF sehingga kedepan diharapkan bahwa TNS dan BNF bisa lebih bersinergi dalam mencapai tujuan PKS ini. Sejak penandatanganan ini hingga beberapa tahun mendatang sesuai dengan jangka waktu PKS, BNF berharap bisa mendukung TNS antara lain melalui penguatan kelembagaan (peningkatan kapasitas SDM dengan pelatihan-pelatihan teknik survei keanekaragaman hayati serta penyiapan infrastruktur guna mendukung program riset TNS). Selain itu BNF akan berkontribusi dalam pengembangan wisata alam melalui kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat dalam interpretasi wisata serta survey obyek dan daya tarik wisata alam serta mendukung pemberdayaan masyarakat dan pendidikan lingkungan.

Bapak Andi Muhammad Kadhafi, S.Hut., M.Si selaku Kepala Balai TNS sangat mengapresiasi adanya PKS antara TNS dan BNF ini karena dengan keterbatasan dan kendala yang dihadapi oleh TNS selama ini terutama dalam hal ketersediaan dana/anggaran serta kemampuan atau kapasitas SDM, adanya PKS ini telah menjadi salah satu solusi (filling the gap) untuk mengatasi kendala tersebut. Dalam arahannya Kepala Balai TNS  menekan kan pentingnya tindak lanjut dari penandatanganan PKS ini yaitu penyusunan RKT (Rencana Kerja Tahunan) serta pengaturan waktu pelaksanaan agar kegiatan bisa terlaksana secara efektif dan efisien. Pada akhir sambutannya, Kepala Balai TNS berharap bahwa implementasi PKS ini bisa berjalan lancar serta terus berlanjut untuk periode berikutnya.

 

Sumber : Kartini Eko Wiharjo - Balai TN Sebangau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini