Observasi Lapang Diklat Petugas Pamhut Provinsi Jatim di TN MerBeti

Minggu, 28 Juli 2019

Jember, 26 Juli 2019. Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) menjadi lokasi observasi lapang Diklat Petugas Pengamanan Hutan Tahun 2019 Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Diklat yang diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang peserta Satuan Pamhut Tahura Raden Suryo ini dari dimulai pada tanggal 24 s/d 26 Juli 2019. Peserta didampingi 8 (delapan) orang pembimbing/ widiaswara dari Badan Pengembangan SDM Jatim.

Kedatangan peserta diklat disambut langsung oleh Kepala Balai TN MerBeti, Maman Surahman,S.Hut., M.Si. di aula kantor Balai. Pada kesempatan ini, Kepala Balai menyampaikan materi tentang gambaran umum TN MerBeti, serta perlindungan dan pengamanan hutan dan kawasan konservasi. 

“Konservasi sudah menjadi jalan hidup bagi bapak-bapak, bukan lagi pilihan hidup. Bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan ikhlas karena kelestarian dan keutuhan kawasan berada di pundak kita semua.” pesan Kabalai TN MerBeti. 

Materi juga diberikan Ketua Pokjab Fungsional TN Meru Betiri tentang Perencanaan Pengamanan Hutan dan Intelijen. Peserta antusias mengikuti diklat dan berdiskusi hingga sesi berakhir. 

Hari kedua, peserta diklat melaksanakan observasi lapangan di Resort Sanenrejo, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Ambulu.   Praktek lapang ini bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan peserta diklat dengan terjun langsung ke lokasi praktek untuk mengimplementasikan teori di kelas serta sebagai bahan perbandingan dengan pengalaman yang selama ini didapatkan di tempat kerja. Ada 3 tema dalam praktek tersebut yaitu: Perencanaan Pengamanan Hutan, Intelijen, dan Penyuluhan di sekitar hutan. 

Dihari ketiga acara penutupan diklat. Harapan Kepala Balai TN MerBeti kepada Badan Pengembangan SDM Prov. Jatim agar pelaksanaan praktek lapang di masa yang mendatang dapat dilaksanakan kembali dan dijalin ikatan kerjasama antara kedua belah pihak.

Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini