Balai TN Tesso Nilo Melaksanakan Peningkatan Kapasitas SDM ke Balai KSDA Sumatera Barat

Jumat, 26 Juli 2019

Jumat, 26 Juli 2019 - Dalam rangka  meningkatkan sumber daya manusia, Balai TN Tesso Nilo (BTN TN) melaksakan kegiatan peningkatan kapasitas dan kunjungan kerja ke Balai KSDA Sumatera Barat selama tiga hari mulai tanggal 27 – 29 Juni 2019. Kegiatan ini diikuti oleh staf BTN TN baik ASN maupun staf.

Pada hari pertama Balai TN.Tesso Nilo juga menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Balai Penelitian Teknologi Serat Tanaman Hutan (BPTSTH) yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kehutanan yang yang berada di Kuok, Kabupaten Kampar.

Selama tiga hari tersebut. seluruh pegawai dan staf Balai TN Tesso Nilo ikuti berbagai rangkaian acara upgrading seperti malam keakraban, motivasi dari pimpinan serca ice breaking dan outbon, dll. Kunjungan TN Tesso Nilo disambut dengan ramah tamah oleh Balai KSDA Sumatera Barat selaku tuan rumah. Dalam sambutan pula pihak Balai KSDA Sumatera Barat menyampaikan memiliki keinginan besar untuk melaksanakan kunjungan balasan ke TN Tesso Nilo

Pada motivasi  dimalam keakraban yang diberikan kepada pegawai, Kepala Balai TN Tesso Nilo secara gamblang menjelaskan 10 cara kelola kawasan konservasi yang diantaranya:

  1. Masyarakat sebagai subjek;
  2. Mengelola kawasan konservasi harus mempertimbangkan prinsip-prinsip penghormatan terhadap hak asasi manusia;
  3. Kerja sama lintas eselon 1 di Kementerian LHK;
  4. Kerja sama lintas kementerian/ lembaga terkait seperti dengan Kementerian Desa, Kementerian Pariwisata, dan sebagainya;
  5. Penghormatan nilai budaya dan adat;
  6. Kepemimpinan multilevel;
  7. pengambilan keputusan berbasis sains;
  8. Pengelolaan berbasis resor;
  9. Penghargaan dan pendampingan;
  10. Organisasi pembelajar atau learning organization.

Makna dalam rangaian kegiatan peningkatan kapasitas ini pula, seluruh pegawai dan staf ditekankan untuk menanamkan semangat kerja , disiplin,  kekompakan sesama pegawai dan staf serta menjaga suasana kekeluargaan antar pegawai.

 

Sumber: Balai TN Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini