Konsultasi Publik Rencana Pengelolaan Kawasan SM Tasik Tanjung Padang

Kamis, 25 Juli 2019

Pekanbaru, 23 Juli 2019 - Balai Besar KSDA Riau menggelar konsultasi publik rencana pengelolaan kawasan SM Tasik Tanjung Padang tahun 2020-2029 di Hotel Grand Meranti Selat Panjang, Kab. Kepulauan Meranti.

Dihadiri instansi terkait lingkup Pemda Kab. Kepulauan Meranti, Pemerintahan Kecamatan Putri Puyu, pemerintahan desa dan masyarakat desa Putri Puyu, desa Tanjung Padang, desa Mekar Delima, desa Dedap, desa Kudap dan desa Bandul yang merupakan desa penyangga kawasan SM Tasik Tanjung Padang peserta terlihat sangat antusias.

Acara di buka oleh Asisten II Pemda Kab.Kepulauan Meranti, Bapak Said Asmarudin yang sebelumnya diawali dengan sambutan dari Balai Besar KSDA Riau yg di wakili oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV, Bapak M Zanir. Acara dilanjutkan dengan paparan dari Bappeda Kab. Kepulauan Meranti dan disampaikan oleh Kepala Bidang Litbang Bappeda perihal komitmen dan harapan Pemerintahan Kab. Kepulauan Meranti dalam mewujudkan pengelolaan kawasan SM Tasik Tanjung Padang yang lestari.

 

Selanjutnya disampaikan paparan draft dokumen Rencana Pengelolaan SM Tasik Tanjung Padang yang diwakili oleh Kepala Seksi Perencanaan Perlindungan dan Pengawetan, Bapak Ujang Holisudin dan Tim (Ade Ricard). SM Tasik Tanjung Padang yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan Tasik Putri Puyuh diharapkan dalam pengelolaannya bisa memberikan manfaat terhadap pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kesejalanan rencana pengelolaan kawasan SM Tasik Tanjung Padang dengan RTRW Kabupaten dan arah pembangunan Kab. Kepulauan Meranti terlihat dari peran kawasan ini sebagai sumber air baku, lokasi untuk keseimbangan ekologis serta destinasi wisata alam terbatas. Permasalahan akses menjadi perhatian peserta pada saat diskusi, mengingat kawasan ini di kelilingi oleh hutan produksi.

Peserta konsultasi menyepakati bahwa visi pengelolaan kawasan ini adalah menjadikan SM Tasik Tanjung Padang sebagai laboratorium ekosistem rawa gambut di kepulauan Meranti dengan 3 tujuan besar pengelolaan yaitu terjaganya keutuhan kawasan SM Tasik Tanjung Padang, tergalinya potensi kawasan dan terbangunnya kerjasama pengelolaan kawasan baik bersama pemda maupun para pihak terkait.

Acara ditutup dengan penandatangana Berita Acara Konsultasi Publik Rencana Pengelolaan Kawasan oleh perwakilan peserta konsultasi publik.

 

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini