Kunjungan Kerja Rombongan Wakil Gubernur NTB ke TWA Gunung Tunak

Kamis, 25 Juli 2019

Lombok Tengah, 23 Juli 2019 - Sebagai salah satu role model Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat sesuai arahan dari Direktorat Jenderal KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, TWA Gunung Tunak kali ini mendapat Kunjungan Kerja dari Wakil Gubernur NTB, Ibu Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. beserta rombongan.

Turut mendampingi Wakil Gubernur NTB yakni Kepala Dinas Pariwisata NTB H. Lalu Fauzal, Kadisbudpar Lombok Tengah H. Lalu Putrie, M. Pd., Asisten I dan Asisten II Provinsi NTB beserta staf. Kunjungan Kerja Wakil Gubernur NTB kali ini adalah dalam rangka Peninjauan Calon Desa Wisata yang akan ditetapkan dalam SK Gubernur NTB ditambah dengan ketertarikan Wakil Gubernur NTB terhadap model operasional ekowisata berbasis masyarakat dan konservasi.


Dalam kunjungannya, Wakil Gubernur NTB  dan rombongan disuguhkan Makan Siang khas yang merupakan hasil budidaya masyarakat dan tangkapan nelayan lokal Desa Mertak seperti Kepiting Kari, Lobster dan Ikan Sambal Matah. Santap Siang juga diselingi dengan diskusi santai antara Wakil Gubernur NTB, Kelompok Masyarakat bersama Kepala BKSDA NTB. Kelompok Masyarakat juga mencoba memamerkan sedikit hasil pelatihan dihadapan Wakil Gubernur NTB dengan menunjukkan karya berupa Pengawetan Off-set Kupu-kupu sebagai souvenir khas TWA Gunung Tunak. Tak lupa, pemaparan singkat tentang sejarah terbentuknya "Tunak Cottage" yang pengelolanya tidak lain adalah Kelompok Masyarakat "Tunak Besopoq" binaan BKSDA NTB. Tunak Cottage merupakan Sarana dan Prasarana Pendukung Ekowisata Berbasis Masyarakat yang merupakan hasil kerjasama Pemerintah Indonesia Melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Pemerintah Korea melalui KFS (Korea Forest Service).

 



"Perkembangannya luar biasa dan dikelola sepenuhnya dengan memberdayakan masyarakat sekitar. Harapannya agar masyarakat bersungguh-sungguh dalam mengelola (Sarpras Ekowisata), karena pelatihan sudah sering dilakukan dan terus semangat. Sekali lagi selamat untuk Taman Wisata Alam Gunung Tunak" ungkap Wakil Gubernur NTB dalam testimoni singkat usai diskusi.

Secara Administrasi, TWA Gunung Tunak terletak di Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. TWA Gunung Tunak juga merupakan Kawasan Penyangga KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika Kabupaten Lombok Tengah yang memiliki segudang potensi wisata.

Sumber: Balai KSDA Nusa Tenggara Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini