Pengamatan Rafflesia meijerii di Taman Nasional Batang Gadis

Selasa, 23 Juli 2019

Selasa, 23 Juli 2019. Rafflesia meijerii adalah salah satu jenis Rafflesia yang.mendiami kawasan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG), sosoknya yang kecil dari Kebanyakan Rafflesia lainnya menjadi ke khasannya. Rafflesia meijerii tumbuh paling mendominasi di kawasan TNBG beberapa side telah di catat sebagai habitatnya. Diameter bunga ini berkisar 14 - 20 cm, dengan rata-rata diameter diagfragma 13 cm dan diameter discuss 7 cm. Rafflesia meijerii tumbuh di kawasan TNBG pada ketinggian 1000-15000 mdpl.

Rafflesia meijerii termasuk flora yang dilindungi di PP No 106 tahun 2018 tentang jenis satwa dan flora yang dilindungi. Upaya konservasi yang sudah dilakukan TNBG untuk menyelamatkan kelangsungan hidup di habitatnya berupa pembuatan Demplot Rafflesia, inventarisasi tetrastigma sebagai inangnya serta kampanye pendidikan dengan media objek penelitian dan wisata agar semua paham untuk selalu melestarikan Puspa langka kebanggaan ini. Rafflesia meijerii membutuhkan waktu berkisar 379 hari dengan masa mekar hanya 13 hari saja dan selanjutnya membusuk. Menurut literatur, Rafflesia meijerii sama sekali tidak memiliki procesii pada permukaan discusnya, akan tetapi di Tnbg telah ditemukan Rafflesia meijerii yg memiliki procesii di permukaan discusnya sehingga temuan ini menjadi lebih menarik untuk di kaji (proses kajian).

Pengamatan Rafflesia meijerii di laksanakan selama 6 bulan terhitung dari bulan Desember 2018 hingga Mei 2019. Pengamatan dilakukan dari mulai bonggol hingga bunga mekar yang dimulai dari fase kopula, brakta hingga perigon. Pengamatan dilakukan pada bonggol Rafflesia yang tumbuh pada inang Rafflesia dengan jenis tumbuhan adalah tulang nihayuk (bahasa lokal). Bonggol yang tumbuh diawal pengamatan sebanyak 12 bonggol dengan diameter bervariasi. Diameter bonggol terendah adalah 1 cm dan tertinggi 17 cm. Pengamatan dilakukan selama waktu ± 8 s.d 14 hari Kegiatan pengamatan dilakukan selama 7 kali pengamatan. Pengamatan 1 s.d 5 jumlah bonggol masih 12 bonggol namun dipengamatan ke 6 muncul/ditemukan bonggol dengan jumlah 2 bonggol, sehingga bonggol pengamatan ada 14 bonggol. Pengamatan bonggol Rafflesia dilakukan selama musim basah dan kering pada waktu siang hari hingga sore hari.

 

Sumber: Balai TN Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini