Kesadaran Masyarakat Meningkat, BKSDA Sumsel Terima 1 Ekor Siamang

Selasa, 16 Juli 2019

Lahat ,16 Juli 2019. Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Lahat ,Balai Konservasi Sumatera Selatan (BKSDA Sumsel) menerima penyerahan 1 ekor Siamang (Symphalangus syndactylus) oleh masyarakat di Kota Muara Enim. Satwa tersebut masih dalam kondisi sehat yang diterima langsung oleh Rohmat selaku petugas SKW II Lahat.

Penyerahan tersebut cukup mengejutkan karena pemilik langsung menghubungi petugas untuk menyerahkan satwa dilindungi yang telah dipelihara dan menjadi kesayangannya. Pemilik merasa berat untuk menyerahkan satwa dilindungi yang telah cukup lama dipeliharanya tetapi karena sadar bahwa tindakannya tidak diperbolehkan maka berinisiatif untuk menyerahkan Siamang tersebut kepada kepada petugas SKW II Lahat.

Sebuah hal yang menggembirakan karena situasi tersebut menunjukkan adanya kesadaran masyarakat yang semakin meningkat untuk tidak memiliki satwa dilindungi dan menyerahkan kepada pihak yang terkait. Sebuah hasil dari rutinitas patroli eksitu selain untuk menyelamatkan satwa dilindungi juga menitikberatkan pada upaya untuk lebih menyadartahukan masyarakat bahwa kepemilikan satwa dilindungi baik dalam keadaan hidup maupun mati berupa opsetan melanggar peraturan. Selanjutnya Siamang tersebut akan dilakukan perawatan dan peliaran sebelum dilepasliarkan di habitatnya.

Sumber : Wahid Nurrudin - PEH Balai KSDA Sumatera Selatan

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini