Rencana Pelepasliaran Orangutan Tahap Keempat di TN Betung Kerihun

Senin, 15 Juli 2019

Putussibau, 15 Juli 2019. Sintang Orangutan Center (SOC) berencana kembali melakukan pelepasliaran 2 (dua) individu Orangutan di Sub Das Mendalam Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) yang merupakan pelepasliaran putaran keempat. SOC akan mempersiapkan 2 individu remaja jantan yang telah dievaluasi dengan seksama baik dari sisi medis maupun dari aspek tingkah lakunya. Kedua individu remaja tersebut dianggap telah memenuhi kondisi ideal  untuk menjalani tahap pelepasliaran keempat yang akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 17 Juli 2019  berangkat dari Desa Data Dian menuju Mentibat.

Sebelumnya juga sudah dilaksanakan pelepasliaran di Sub DAS Mendalam tahap pertama bulan November 2017 berjumlah 3 (tiga) individu Orangutan, tahap kedua tanggal 16 bulan April 2018 berjumlah 2 (dua) individu Orangutan dan  tanggal 24 Oktober 2018 berjumlah 1 (satu) individu Orangutan non rehabilitant berjenis kelamin jantan dewasa. Setelah pelepasliaran selalu diikuti dengan pemantauan pasca pelepasliaran.

Khusus kegiatan pelepasliaran dan pemantauan pasca pelepasliaran dilakukan di kawasan Taman Nasional Betung Kerihun yang dilandasi perjanjian kerjasama antara Yayasan Penyelamatan Orangutan Sintang (YPOS) dengan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) tentang  Penguatan Fungsi Melalui Pelestarian Populasi Dan Habitat Orangutan (Pongo pygmaeuspygmaeus) di Kawasan Taman Nasional Betung Kerihun.

Ardi Andono, S.TP, M.Sc selaku Kepala Bidang Teknis menyampaikan pelepasliaran yang akan dilaksanakan harus sesuai mekanisme dengan administrasi yang baik dari pihak SOC kepada pihak Balai Besar, selain itu perlu dibentuk tim monitoring pasca pelepasliaran dan harus dilakukan evaluasi teknis terkait perkembangan Orangutan yang telah dilepasliarkan dari tahap pertama sampai terakhir.

Kepala Balai Besar Bentarum yang dalam hal ini diwakili oleh Fery A M Liuw, S.Hut,T. M.Sc menyampaikan harapan dengan pelepasliaran Orangutan dapat menambah peningkatan populasi Orangutan di dalam Kawasan TNBK, selain itu sebagai ajang pembelajaran dan pendalaman bagi petugas Balai Besar TaNa Bentarum tentang perilaku Orangutan hasil release di lapangan.

Sintang Orangutan Center (SOC) merupakan sebuah Pusat Pehabilitasi Orangutan yang memiliki misi Penyelamatan Dan Perlindungan, serta Rehabilitasi Orangutan dan Habitatnya. Kegiatan SOC mulai dari penyelamatan Orangutan yang dipelihara masyarakat, rehabilitasi kesehatan dan tingkah laku, sampai nantinya dilepasliarkan ke habitat alaminya.

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini