Penyerahan Penyu Sisik dari MMP Pulau Kelapa Dua TN Kepulauan Seribu

Senin, 08 Juli 2019

 

Kelapa Dua, 6 Juli 2019. Masyarakat Pulau Kelapa Dua sekaligus anggota MMP (Masyarakat Mitra Polhut) bernama Ahmad alias Aldo, menyerahkan seekor Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) pada hari Jum’at, tanggal 5 Juli 2019 di Kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 1 Kelapa Dua Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKpS). Penyu Sisik diterima oleh Suwarna Polhut Balai TNKpS bersama Kepala SPTN Wilayah 1, Isai Yusidarta, ST., M.Sc. Penyerahan dituangkan dalam Berita Acara Serah Terima Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) Nomor : BA.01/T.13-SPTN1/4/2019.

Sambil memberikan edukasi kepada mahasiswa magang dari Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, kami melakukan identifikasi terhadap penyu tersebut. Hasil identifikasi yang kami tuangkan dalam BAP bahwa penyu berjenis kelamin betina, umur 2 tahun, bobot 0,6 kg dengan panjang tukik 27 cm, lebar karapas 17 cm dan panjang karapas 19 cm.

 

Berdasarkan penuturan anggota MMP tersebut bahwa penyu tersebut disita dari penduduk di Pulau Kelapa Dua dan sudah lama dipelihara dalam karamba miliknya. Berdasarkan pertimbangan tersebut, penyu kemudian diletakkan di karamba habituasi milik SPTN Wilayah 1. Ketika sudah dianggap cukup adaptasinya dengan ditandai bisa berburu ikan di karamba habituasi, akan dilepas kembali.

Kepala SPTN Wilayah 1 menyampaikan apresiasi atas peran anggota MMP yang berperan aktif dalam pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa melalui penyadartahuan kepada masyarakat yang bertempat tinggal dan berhubungan langsung dengan penggunaan kawasan perairan Taman Nasional Kepulauan Seribu, khususnya Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah 1 Kelapa Dua.

Sumber : Suwarna - Polhut Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini