Seminggu Berada di Kebun Waarga Desa Teluk Pulai, Orangutan Jantan Dievakuasi Tim WRU SKW II BKSDA Kalimantan Tengah

Senin, 01 Juli 2019

Kotawaringin Barat, 30 Juni 2019. Tim Wildlife Rescue Unit Seksi Konservasi Wilayah II-BKSDA Kalteng di Pangkalan Bun kembali melakukan Rescue terhadap  1 (satu) individu orangutan (Pongo pygmaeus pygmaeus) di Sungai Merjan, Desa Teluk Pulai, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Desa Teluk Pulai merupakan salah satu desa yang berbatasan dengan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

Rescue dilakukan menindaklanjuti  laporan dari staf TNTP yang meneruskan laporan dari salah satu warga Desa Teluk Pulai An. Bapak Gusti pada hari sabtu tanggal 29 Juni 2019.  Dalam laporan tersebut, Bapak Gusti menyampaikan tentang adanya orangutan yang telah berada di kebunnya  selama seminggu. Orangutan didapati telah memakan umbut kelapa dan buah nenas. Selanjutnya  pada hari Minggu, tgl 30 Juni 2019, Tim Wildlife Rescue Unit SKW II BKSDA Kalteng beserta OFI menuju lokasi dengan menggunakan Speed Boat. Memerlukan waktu 1,5 jam melalui Teluk Kumai ke arah laut jawa dan dilanjutkan menyusuri sepanjang 1,5 Km untuk menuju lokasi kebun.

Dengan teknik pembiusan dan dilengkapi dengan jaring, Tim berhasil melakukan rescue terhadap 1 (satu) Individu orangutan berjenis kelamin Jantan, berumur 20 tahun dengan berat 74 Kg. Selanjutnya dengan menggunakan kandang transit, orangutan tersebut dibawa ke Orangutan care centre quarantine di Pasir Panjang-Pangkalan Bun, untuk selanjutnya dilakukan pengecekan kesehatan sambil menunggu waktu yang tepat untuk di translokasi kembali.

 

Sumber: Balai KSDA Kalimantan Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini