Rayakan Idul Fitri 1440 H Ratusan Wisatawan Kunjungi Danau Sentarum

Senin, 10 Juni 2019

Putussibau, 6 Juni 2019. Taman Nasional Danau Sentarum Kabupaten Kapuas Hulu menjadi tempat wisata favorit warga untuk menghabiskan liburan sekaligus merayakan Idul Fitri 1440 H. Data dari Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTaNaBentarum) sebagai pengelola kawasan menyebutkan sebanyak 456 orang mengunjungi Kawasan Danau Sentarum utamanya ke Bukit Tekenang dan Pulau Sepandan pada tanggal 5 Juni 2019. Hal ini membuktikan bahwa Bukit Tekenang dan Pulau Sepandan Danau Sentarum menjadi andalan wisata bagi Kabupaten Kapuas Hulu. Selain pemandangan alamnya yang bisa terpantau 360 derajat dari atas bukit Tekenang, fasilitas serta akomodasi yang disediakan pengelola kawasan juga menjadi pilihan bagi masyarakat untuk berlibur ke sini. Selain bukit Tekenang, Pulau Sepandan menjadi obyek wisata baru yang mulai dibuka pada awal tahun 2019, beberapa fasilitas seperti jalur tracking, shelter dan selfie spot menjadi idola baru wisatawan yang berkunjung.

Dina salah satu petugas mengatakan bahwa pesona alam dari bukit yang bisa melihat Danau Sentarum dengan pesona keindahannya, menjadi tujuan utama berwisata di Danau Sentarum. Gunawan Budi Hartono, Kepala Bidang Wilayah III menyampaikan, “Selain Bukit Tekenang , Kami membuka obyek wisata alam baru di pulau Sepandan, pada tahun 2018 telah kami bangun beberapa fasilitas, pada tahun ini juga akan ditambah beberapa fasilitas baru.” Pulau dengan luas kurang lebih 8 Hektar ini diharapkan mampu menjadi destinasi baru wisata alam di Danau Sentarum.

Bukit Tekenang merupakan Bukit berkapur yang terletak di tengah Taman Nasional Danau Sentarum. Dalam pengelolaan Taman Nasional. Akses termudah menuju Tekenang dapat dilakukan melalui Lanjak dan Semitau di Kabupaten Kapuas Hulu. Pengunjung dapat menyewa perahu (speedboat) dari Lanjak atau Semitau dengan harga Rp. 600.000,- dengan kapasitas 4-5 orang untuk sekali jalan. Sedangkan Pulau Sepandan merupakan Pulau yang terletak di dekat Lanjak dan hanya membutuhkan waktu 15 menit menggunakan speedboat untuk mencapainya, dengan biaya sewa speedboat kurang lebih Rp. 150.000,- dengan kapasitas 4-5 orang untuk sekali jalan.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTaNaBentarum) 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini