Kepedulian Terhadap Cycloop Terus Bergulir

Senin, 10 Juni 2019

Jayapura, 31 Mei 2019. Balai Besar KSDA Papua berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon yang diinisiasi oleh GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia) pusat. Kegiatan berlangsung pada Jumat, 31 Mei 2019.

Sejumlah pihak yang hadir antara lain ketua umum GMKI pusat dan daerah, Kepala Resort Sentani Balai Besar KSDA Papua, Eddy Sam Lau, anggota Masyarakat Mitra Polhut Holorowa, Kepala Kampung Sereh, ondoafi, masyarakat adat, dan tokoh agama setempat. Keseluruhan peserta yang terlibat dalam kegiatan penanaman ini berjumlah 50 orang.

Titik lokasi penanaman berada pada sekitar koordinat 2'32,41,304"S 240'30'58.53"E, yang merupakan kawasan penyangga Cagar Alam Pegunungan Cycloop di Kampung Sereh. Adapun bibit yang ditanam berjumlah 200, terdiri atas bibit buah dan sejumlah kayu keras. Eddy Sam Lau menyebutkan rincian bibit sebagai berikut: 42 bibit nangka, 10 bibit durian, 84 bibit rambutan, 27 bibit pinang, 35 bibit genemo, 21 bibit kasuarina, 41 bibit merbau, dan 20 bibit bambu. Pada kesempatan yang sama Eddy menyampaikan, “Kegiatan ini sangat positif sebagai bentuk kepedulian terhadap kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop. Ke depannya, saya berharap ada kerja sama dan koordinasi yang lebih baik lagi antara GMKI dan Balai Besar KSDA Papua sebagai pemangku kawasan, supaya kegiatan penanaman bisa lebih terarah dan terukur.”

Pada kesempatan yang sama, ketua GMKI pusat menyampaikan bahwa kegiatan penanaman ini merupakan bentuk kepedulian GMKI terhadap pelestarian kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop, terutama dalam proses pemulihan ekosistem pascabencana. Kedatangannya ke Jayapura, selain melakukan kegiatan penanaman pohon, adalah menghadiri rapat perencanaan pembangunan infrastruktur pascabencana dan persiapan PON ke-20 di kantor bupati Kabupaten Jayapura. []

Sumber            : Balai Besar KSDA Papua

Call Center      : 0823-9802-9978

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini