BKSDA Kalbar Gagas Inovasi Pengelolaan Cagar Alam Di Indonesia

Rabu, 29 Mei 2019

Pontianak - 28 Mei 2019, Bertempat di ruang rapat Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Gedung Manggala Wana Bhakti Blok I Lantai 8, pada tanggal 21 Mei 2019 Sekretaris Direktur Jenderal KSDAE Ir. Herry Subagiadi, M.Sc memandu jalannya rapat.

Diawali dengan pembukaan acara, Kepala Balai KSDA kalimantan Barat Sadtata Noor Adirhamanta, S.Hut, M.T. melanjutkan dengan pemaparan materi utama. Sebuah inovasi baru yang disampaikan oleh Sadtata dalam pengelolaan Cagar Alam (CA) melalui skema pelibatan masyarakat. Tanpa mengurangi fungsi pokok sebuah kawasan konservasi, pola pengelolaan CA ini bertujuan untuk lebih memberdayakan masyarakat di dalam sebuah kawasan Cagar Alam.

Kepulauan Karimata menjadi pionir yang diusung oleh BKSDA KALBAR dalam penerapan konsep pengelolaan Cagar Alam sebagai "DESTINASI PENELITIAN BERBASIS MASYARAKAT".

Mendasari pemilihan CA Karimata sebagai awal pelaksanaan konsep ini, beberapa kesempatan sebelumnya telah dilakukan kajian melalui sebuah kegiatan yang dinamakan "JELAJAH KARIMATA 2019".

Kegiatan jelajah ini mengeksplore seluruh potensi Karimata mulai dari bawah laut sampai puncak pegunungan.

Singkat cerita, hasil ekplore melalui Jelajah Karimata 2019 merupakan data awal dalam pengembangan Cagar Alam Sebagai Destinasi Penelitian Berbasis Masyarakat.

Sementara itu, Direktur Jenderal KSDAE Ir. Wiratno, M.Sc menyambut baik inovasi yang dilakukan oleh BKSDA KALBAR. Ia mengatakan bahwa hal-hal seperti ini merupakan suatu terobosan langkah yang baik dalam pengelolaan kawasan konservasi.

"Konsep seperti ini akan saya sampaikan juga ke Menteri" imbuhnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa konsep pengelolaan Cagar Alam Laut Karimata ini akan ditindaklanjuti pembahasannya untuk memberikan payung hukum yang tepat.

Semoga apa yang menjadi cita-cita luhur dalam pengembangan konsep pengelolaan kawasan konservasi yang melibatkan masyarakat akan menjadi kenyataan.

Resources Are Limited, Creativity Is Unlimited

Sumber: Balai KSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini