Kemitraan Konservasi Solusi Konflik Bermartabat

Rabu, 29 Mei 2019

Batakan, 27 Mei 2019 – Dalam rangka persiapan pembentukan Kemitraan Konservasi di TWA Pelaihari, Senin (27/5/2019) diselenggarakan pertemuan di Balai Desa Batakan. Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc., Kepala SKW 1 Pelaihari Mirta Sari, S.Hut, M.P, Kepala Resort TWA Pelaihari Alfredo De Araujo, Kepala Desa Batakan Bapak Arsani dan masyarakat peladang Desa Batakan. Masyarakat ini merupakan calon mitra konservasi di TWA Pelaihari. 

Pertemuan ini diisi dengan diskusi konsep kemitraan konservasi agar bisa dipahami dan kebijakan KLHK terkai t dengan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan konservasi. Kepala Balai KSDA Kalsel menyebutkan bahwa Pembentukan Mitra Konservasi ini merupakan program Pemerintah berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal KSDAE No: P.6/KSDAE/SET/Kum.1/6/2018 tentang Kemitraan Konservasi pada Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam yang diamanahkan melalui BKSDA Kalsel untuk melakukan kerja sama dalam rangka pemberdayaan  masyarakat dan atau pemulihan ekosistem. 

Menurut Kepala BKSDA Kalsel, program Kemitraan Konservasi merupakan program kerjasama yang mendudukkan masyarakat Desa sebagai pelaku utama untuk mengelola lahan menjadi produktif sekaligus lestari sesuai fungsinya. “Untuk itu keterlibatan dan dukungan Kepala Desa serta kerja sama masyarakat dalam mendorong percepatan pembentukan Mitra Konservasi di TWA Pelaihari Kabupaten Tanah Laut sangat penting”.

Berdasarkan hasil diskusi, semua pihak baik Aparatur desa dan masyarakat yang terlibat menyatakan siap dalam penyiapan usulan kerja sama dalam rangka pemberdayaan masyarakat setempat kepada BKSDA Kalsel berupa legalitas pemohon calon mitra (KTP) dan Naskah Perjanjian Kerjasama (NPKS) yang memuat lokasi serta rencana kegiatan. Disepakati target penyelesaian persiapan administrasi dan ground cek lapangan pada  bulan pertengahan bulan Juni 2019. (jrz)

Sumber : Nadya Arta Uly Siagian, S.H - Polhut Seksi Konservasi Wilayah I Pelaihari Balai KSDA Kalimantan Selatan


Kemitraan Konservasi Solusi Konflik Bermartabat (02)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini