Pembentukan Karakter Generasi Milenial

Selasa, 28 Mei 2019

Jayapura, 25 Mei 2019. Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S.Hut., M.Si., menghadiri kegiatan penanaman pohon pada Sabtu, 25 Mei 2019. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh siswa kelas IX SMPN 12 Jayapura yang akan menyelesaikan studi pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Siswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut sebanyak 120 orang.

Pihak-pihak yang hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Kepala Sekolah, para guru, dan orang tua siswa SMPN 12 Jayapura, Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Dofonsoro, Kepala Resort Port Numbay, dan masyarakat setempat. Titik lokasi penanaman berada di sekitar gedung sekolah SMPN 12, Angkasapura, Jayapura dan di kawasan penyangga Cagar Alam Pegunungan Cycloop, sekitar pal batas No 99.

Kegiatan ini bertujuan menyampaikan pesan peduli sosial serta peduli lingkungan dan kawasan hutan, sekaligus mendukung SMPN 12 Jayapura sebagai Sekolah Adiwiyata. Jumlah bibit yang ditanam di dua lokasi tersebut sebanyak 150, yang terdiri dari jenis pohon soang (Xanthosthemon novaguineense Valeton), araucaria (Araucaria columnaris), dan pohon cemara (Casuarina sp.).

Selain kegiatan menanam, dilakukan pula kegiatan sosial dengan memberikan bantuan berupa sembako kepada Pondok Pesantren Al Payage, Angkasapura. Ini dilakukan dalam rangka mempererat tali silahturahim pada bulan Ramadhan yang suci dan penuh berkat.

Pada kesempatan tersebut Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring  mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak sekolah SMPN 12 Jayapura, khusunya para siswa kelas IX. “Luar biasa. Siswa kelas IX SMPN 12 Jayapura sebagai generasi milenial memiliki kepedulian, peka terhadap kondisi sosial, lingkungan, dan alam sekitarnya. Kegiatan seperti ini merupakan salah satu cara pembentukan karakter, dan bisa menjadi model yang baik bagi sekolah-sekolah lainnya,” ungkap Edward.

Senada dengan Kepala Balai Besar KSDA Papua, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura juga menyampaikan, kegiatan ini sangat positif dan harus didukung oleh semua pihak. Selanjutnya beliau akan menyampaikan kepada sekolah-sekolah lain untuk turut melakukan kegiatan yang sama, khususnya terkait dengan kegiatan sosial dan lingkungan. 

 

Sumber           : Balai Besar KSDA Papua

Call Center      : 0823-9802-9978 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini