Bersinergi Mengamankan CA. Pegunungan Cycloop

Selasa, 28 Mei 2019

Senin, 27 Mei 2019. Balai Besar KSDA Papua sebagai pemangku kawasan konservasi merangkul semua pihak terkait, khususnya pemilik hak ulayat dan pemerintah daerah dalam upaya menjaga dan melestarikan CA. Peg Cycloop. Aksi nyata dan upaya tindak yang dilakukan adalah Patroli Gabungan. Patroli Gabungan didukung penuh oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura. Kegiatan patroli gabungan juga melibatkan BASARNAS, SATPOL PP, Masyarakat adat, Batalyon Infanteri 751, Lanud Silas Papare Jayapura, Kepolisian Resort Jayapura, Kodim Jayapura, BPBD Kabupaten Jayapura, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura serta media lokal.

Kegiatan patroli gabungan dilaksanakan selama tiga hari, dengan target lokasi yang diduga ada aktifitas masyarakat seperti perambahan/perkebunan liar di sekitar daerah penyangga maupun di dalam kawasan CA. Peg Cycloop. Sasaran hari ini di daerah kimiri (dalam kawasan) dan Kampung Taruna sosial (daerah penyangga) yang merupakan wilayah kerja Resort Sentani pada Balai Besar KSDA Papua. Hasil patroli gabungan di Resort Sentani ditemukan 6 orang masyarakat yang melakukan perambahan atau perkebunan liar di dalam kawasan. Tim patroli melakukan pendataan dan penyuluhan secara persuasif agar mereka menghentikan kegiatan perambahan. Selain itu juga dilakukan pemasangan plank larangan melakukan aktifitas di dalam kawasan CA Peg. Cycloop.

Pegunungan Cycloop adalah ibu bagi masyarakat adat pemilik ulayat yang sudah memberikan kehidupan bagi mereka sehingga mereka sangat mendukung upaya pelestarian CA. Peg. Cycloop. Tim Patroli Gabungan secara serentak melakukan pengamanan dan perlindungan di empat wilayah Dewan Adat Suku (DAS) yang meliputi DAS Ravenirara, DAS Tepera Yewena Yongsu, DAS Moi dan DAS Sentani yang secara administratif pemerintahan terletak di Kabupaten Jayapura. Keempat DAS tersebut merupakan dasar pembentukan Resort KSDA yang ada di CA. Peg Cycloop dari total lima resort yang dibentuk oleh BBKSDA Papua (Resort Port Numbay di wilayah Kotamadya Jayapura). Jumlah personil gabungan tersebut adalah 140 orang.

Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S.Hut. M.Si menyampaikan bahwa patroli gabungan seperti ini, merupakan model pengelolaan yang baik kedepan. Semakin banyak pihak yang peduli dan membantu pengamanan kawasan CA.Peg. Cycloop, membuktikan bahwa masyarakat di sekitar kawasan beserta stakeholders terkait semakin memahami betapa pentingnya CA. Peg. Cycloop. Dengan demikian diharapkan, kawasan ini aman dari segala gangguan dan ancaman. Sehingga CA. Peg. Cycloop dapat memberikan kehidupan dan kesejahteraan bagi masyarakat luas pada umumnya dan masyarakat adat di sekitar kawasan pada khususnya.

Sumber: Balai Besar KSDA Papua

Call Center BBKSDA : 082398029978

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini