Anak Pulau Mencintai Penyu

Senin, 27 Mei 2019

Pulau Pramuka, 23 Mei 2019. Dalam rangka memperingati Hari Penyu Sedunia yang jatuh pada tanggal 23 Mei, Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKps), Rumah Hijau, Sudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu,  dan Dompet Dhuafa melalui kegiatan Kelas Iklim mengadakan acara peringatan dengan tema “Ramadhan untuk Bumi”. Acara yang berlangsung hari Sabtu, 25 Mei 2019 ini, diikuti oleh 50 orang anak kelas 4 dan 6 dari SDN Pulau Panggang 02 Pagi.

      Materi mengenai penyu disampaikan dengan dua cara yaitu paparan dan dongeng. Paparan secara interaktif tentang pengenalan jenis penyu dan upaya pelestarian penyu dilakukan oleh  petugas TNKpS. Petugas TNKpS juga menyebutkan cara mudah yang dapat dilakukan oleh anak-anak untuk melestarikan keberadaan penyu. Selanjutnya juga dilakukan pelepasliaran 50 ekor tukik penyu sisik oleh anak-anak. Anak-anak diajarkan cara melepasliarkan tukik yang benar.

       Setelah itu dilanjutkan dengan dongeng mengenai penyu disampaikan oleh pendongeng ceria, Kakak Juli dan Adieb. Mereka adalah pendongeng yang sudah terbiasa memberikan dongeng kepada anak-anak korban bencana untuk tujuan trauma healing. Acara ditutup dengan ceramah agama oleh General Manager Dompet Dhuafa, Bapak Udhie dan dilanjutkan buka puasa bersama dan shalat bersama.

Kita berharap anak-anak ini kelak ikut berperan aktif dalam melestarikan penyu.

Sumber : Balai TN. Kepulauan Seribu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini