Peringati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia, BTN Kutai Lakukan On Air Dan Goes To School

Jumat, 24 Mei 2019

Bontang, 23 Mei 2019. Tanggal 22 Mei ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa sebagai Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia. Dan tahun ini mengangkat tema our biodiversity, our food and our health. Guna meningkatkan pengetahuan dan menyebarkan kesadaran tentang ketergantungan sistem pangan, nutrisi, dan kesehatan kita pada keanekaragaman hayati dan ekosistem yang sehat, Balai Taman Nasional Kutai (TN Kutai) yang di dukung oleh Mitra TN Kutai mengadakan talkshow di Radio Mps FM dan kunjungan ke sekolah-sekolah yang berada disekitar penyangga.

Setidaknya ada 4 (empat) sekolah yang menjadi sasaran roadshow, yaitu SMPN 1 dan SMPN 2 Teluk Pandan, SMPN 4 Bontang dan SMAN 1 Teluk Pandan. Balai TN Kutai  bersama dengan laskar/srikandi nya mengajak siswa dan siswi usia sekolah untuk mengenal lebih dekat makna RUMAH dan ikut menjaga kelestarian "RUMAH KITA" yaituTaman Nasional Kutai. Support  PT.KNI sebagai salah satu anggota Mitra TNK sungguh berarti dalam kegiatan ini. Ditambah "greget" lagi dengan gaya yang berbeda dalam pemberian materi oleh pendiri Bumi Edukasi.

Mengapa kelestarian Taman Nasional Kutai harus tetap terjaga?

Kawasan Konservasi TN Kutai merupakan perwakilan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah di Indonesia dan menjadi satu-satunya Taman Nasional yang terdapat di propinsi Kalimantan Timur. Diibaratkan sebagai sebuah RUMAH yang kaya akan keragaman jenis tumbuhan mulai dari Ulin, Meranti, Kapur dan jenis Dipterocarpaceae, selain itu TN Kutai juga menjadi RUMAH bagi jenis jenis satwa endemik yang terancam punah seperti Orangutan morio (pongo pygmaeus morio), Bekantan (Nasalis larvatus) dan Beruang Madu (Helarctos malayanus).

Terganggunya siklus sebuah kawasan konservasi TN Kutai akan menyebabkan alam kehilangan keseimbangannya, yang itu berarti akan berdampak kepada hilangnya sumber pangan, sumber nutrisi dan sumber lingkungan yang sehat bagi kehidupan di masa yang akan datang.

Melestarikan TN Kutai, berarti ikut menjaga kelestarian keanekaragaman hayati di dalamnya, karena Taman Nasional Kutai bukan warisan, tetapi titipan dari Tuhan untuk generasi yang akan datang.

Selamat memperingati hari Keanekaragaman Hayati Sedunia

"Our Biodiversity, Our Food, Our Health"

Sumber : Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini