Patroli Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan di TN Matalawa

Jumat, 24 Mei 2019

Waingapu, 22 Mei 2019. Ancaman kebakaran hutan semakin nyata seiring mengeringnya rerumputan di padang savana di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa). Hembusan angin yang cukup kencang juga semakin meningkatkan resiko terbentuknya api.

Kondisi cuaca yang panas tidak menyurutkan semangat para petugas Resort Tanah Daru untuk terus melakukan upaya pencegahan kebakaran hutan. Dengan dipimpin oleh Djilik Ay sebagai Kepala Resort, anggota resort, serta masyarakat mitra Polhut (MMP) menyisir kawasan rawan kebakaran. Selain melakukan patrol kebakaran, para petugas juga melakukan pencegahan terhadap perburuan liar. Resort Tanah Daru merupakan daerah yang rawan kebakaran serta perburuan karena sebagian kawasan ini didominasi oleh rumput yang menjadi habitat rusa timor (Cervus timorensis).

Dalam perjalanannya, petugas juga turut mensosialisasikan program-program pencegahan serta dampak negatif akibat kebakaran hutan kepada masyarakat yang tinggal di pinggir kawasan TN. Patroli yang dilakukan sejak pukul 09.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA tidak menunjukkan adanya titik api dalam kawasan TN Matalawa.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini