TaNa Bentarum Jadi Cagar Biosfer Baru, Ajak Masyarakat Kreasi Desain Logo

Jumat, 24 Mei 2019

Putussibau, 23 Mei 2019. Menindaklanjuti pengukuhan Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum menjadi cagar biosfer baru pada Sidang ICC-MAB UNESCO Ke 30 di Palembang 26 Juli 2018 lalu. Bupati mengajak Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum), Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Rakyat dan Pemukiman, Bappeda dan FORCLIME untuk menindaklanjuti beberapa langkah yang perlu dilakukan sebagai nilai tambah setelah peresmian di Kantor Bupati Kapuas Hulu. Kepala Balai Besar TaNa Bentarum, Ir. Arief Mahmud, M.Si menyampaikan langkah yang dapat dilakukan dalam menindaklanjuti penetapan status Cagar Biosfer (CB) di Kabupaten Kapuas Hulu dengan core kawasan TaNa Bentarum perlu dilakukan Study Banding yang dilaksanakan 17-21 Juli, 15-22 Juni dan 23-28 Juni 2019 ini oleh Unsur pemerintah daerah, NGO dan Masyarakat Kapuas Hulu Ke Cagar Biosfer di Cibodas - Jawa Barat, Paris dan Jerman untuk penguatan dan penyamaan persepsi tentang Cagar Biosfer.

Untuk kegiatan lanjutan yang sedang berjalan yaitu Penetapan logo. Dalam pembuatan Logo Cagar Biosfer Tim mengajak masyarakat ikut serta ambil alih dalam mengkreasikan design logo. Design logo yang di fasilitasi oleh Forclime ini direspon positif oleh Bupati Kapuas Hulu “Logo sangat bagus untuk itu perlu disiapkan garis besar pendesainan logo dengan memunculkan karakteristik khas Kapuas hulu, dengan begitu mampu mempresentasikan potensi dari Kapuas hulu” jelas A.M Nasir, S.H.

Arief juga menambahkan perlunya pembentukan forum komunikasi untuk memperkuat posisi tawar dalam pembangunan daerah Kapuas hulu seperti Forum Cagar Biosfer, Forum Kabupaten Konservasi, dan Forum Perbatasan. Dengan begitu memperkuat kapasitas sumber daya manusia dengan melampirkan kelengkapan administrasi yang perlu disesuaikan dengan peraturan yang belaku. Dalam mendukung kelancaran dan mempercepat kegiatan ini akan digunakan mekanisme jalur KLHK yang mungkin dapat mengkawal keberhasilan tindaklajut Cagar Biosfer. (23/5)

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

Info lebih lanjut : 082158794140 (Call Center Bentarum)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini