Bakti Sosial MyCorps Malaysia di Taman Nasional Danau Sentarum

Jumat, 24 Mei 2019

Putussibau, 23 Mei 2019. Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum), Arief Mahmud menerima tamu Tim Mycorps Asia Tenggara Malaysia. Mycorps merupakan perkumpulan volunteer dari muda mudi Malaysia di bawah naungan Kementerian Belia dan Sukan Malaysia. Program Mycorps Asia Tenggara Malaysia untuk melatih pemuda Malaysia, memupuk semangat kemanusiaan, kesadaran masyarakat, hak dan tanggungjawab demi membina negara berperkhidmatan. Tujuannya antara lain; Mempererat silaturahmi diantara tim sukarelawan dengan masyarakat di desa, Membantu serta memperbaiki dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh pihak masyarakat desa, memupuk dan membina semangat kepemimpinan dan kerjasama dalam masyarakat. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama 1 bulan pada bulan Juni 2019 di Dusun Batu Rawan, Desa Nanga Leboyan, Taman Nasional Danau Sentarum.

Secara terpisah, Erni, Yayasan Dian Tama menyampaikan bahwa Yayasan Dian Tama digandeng untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan bakti sosial di Indonesia. Dipilihnya Desa di dalam Kawasan TNDS adalah karena mereka melihat Kapuas Hulu ada TNDS, selanjutnya ingin melihat langsung desa-desa dalam kawasan sekaligus melakukan sesuatu disitu. Selain di TNDS kegiatan Mycorps di Kapuas Hulu berada di Desa Semerantau Kecamatan Kalis dengan program utamanya dibidang pertanian.

Ketua Tim Mycorps, Muhammad Zaiful Ezzwan, menceritakan bahwa kami ber-enam sebelum terjun ke lapangan, terlebih dahulu di training selama 1 bulan oleh Kementerian Belia dan Sukan. Kami memiliki latar pendidikan yang berbeda-beda, seperti Psikologi, Pendidikan, Mekanik, Agriculture dan Umum. Kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain; Mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris, Basa Arab/Al Quran dan Matematika di sekolah-sekolahan, memasang panel surya di mushola atau masjid dengan membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada dilapangan. 

Kami mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari Mycorps dan kami akan memfasilitasi keperluan untuk menunjang kegiatan Mycorps dilapangan pungkas Arief.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini