Membangun Spirit untuk Kembali Ke Lapangan

Jumat, 17 Mei 2019

Kalibaru, 17 Mei 2019. Selama 2 (dua) hari sejak tanggal 16 s/d 17 Mei, Kepala Balai TN Meru Betiri (MerBeti), Maman Surahman bersama Kepala SPTN Wilayah III Kalibaru, Sulistrianto serta para kepala resort, tenaga THL dan MMP SPTN Wilayah III Kalibaru melakukan patroli bersama. Di tengah-tengah dahaga menahan haus dan lapar menjalankan ibadah puasa tak menyurutkan petugas untuk melaksanakan kewajibannya mengamankan dan melindungi kawasan konservasi yang berada di pinggiran pantai selatan Pulau Jawa bagian timur ini.

Banyak potensi yang dijumpai di TN MerBeti diantaranya elang jawa (Nisaetus bartelsi), merak (Pavo muticus), dan jejak kaki banteng (Bos javanicus). Walaupun target yang menjadi sasaran kegiatan patroli kali ini yaitu pelanggar hutan tidak dijumpai.

Dalam kesempatan patroli bersama tersebut malam hari dimanfaatkan oleh Kepala Balai untuk bersilaturahmi dan berdiskusi sekaligus memberikan spirit tentang pentingnya kerja kembali ke lapangan sebagai esensi dari pengejewantahan resort based management (RBM). RBM merupakan tools/ alat untuk menginput data dari resort secara berjenjang, dikirim ke tingkat seksi dan dianalisis untuk kemudian dikirim ke balai sebagai bahan penentuan program konkrit yang akan dikembalikan ke resort dalam bentuk kegiatan yang dibutuhkan. Selain itu, Kabalai TN MerBeti menegaskan bahwa dengan RBM pengelola dapat menentukan tipologi di masing-masing resort sehingga akan berkaitan dengan alokasi SDM, anggaran maupun program kegiatan yang akan dilakukan.

 

Sumber: Balai TN Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini